PSI Putuskan Dukung Kotak Kosong di Pilbup Ngawi

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kabupaten Ngawi akhirnya resmi mendukung kotak kosong dalam Pilkada 2020. Ketua DPD PSI Ngawi, Jumirin SK mengatakan, pencabutan dukungan kepada paslon Ony-Antok dari DPP PSI sudah terbit.

“Saya sudah mendapat pemberitahuan resmi dari DPP. Jadi sikap mendukung kotak kosong ini sudah menjadi sikap resmi PSI” katanya dalam keterangan tertulisnya, Kamis (19/11).

Menurutnya, pilihan mendukung kotak kosong ini memang bukan pilihan yang menyenangkan namun demikian sikap ini diambil demi menyelamatkan demokrasi di Kabupaten Ngawi.

“Kalau mau enaknya mending dukung paslon, tapi PSI memilih mendukung kotak kosong untuk mengakhiri hegemoni dinasti politik di Ngawi” ujarnya.

DPP PSI membenarkan terbitnya SK pencabutan dukungan ini. SK bernomor 712/SK/DPP/2020 tertanggal 16 Nopember 2020 ini ditandatangani oleh Ketua Umum PSI Grace Natalie dan Sekjen Raja Juli Antoni.

“Benar, kami menerima pengajuan pencabutan dukungan dari DPD Ngawi dan kebetulan hari ini ada rapat DPP sehingga sekalian kita bahas dan sudah disetujui” ungkap Koordinator Wilayah Regional Jawa DPP PSI Nanang Priyo Utomo.

Nanang mengungkapkan bahwa masalah sikap politik terkait pilkada di PSI adalah kewenangan daerah. Daerah berhak penuh menentukan arah dukungan dalam Pilkada.

“Sepanjang alasannya jelas dan tidak melanggar platform partai yaitu anti korupsi dan anti intoleransi apapun sikap daerah pasti disetujui” ungkap Nanang.

“Dengan sudah diterbitkannya SK DPP ini maka dukungan kotak kosong sudah menjadi sikap resmi partai. Oleh karena itu kami menginstruksikan kepada seluruh jajaran PSI di Kabupaten Ngawi untuk all out memenangkan kotak kosong” pungkasnya.

Berita terkait: