PSG buang keunggulan dua gol dan tersungkur dikalahkan Monaco 2-3

Jakarta – Paris Saint-Germain membuang keunggulan dua gol dan akhirnya tersungkur dikalahkan tuan rumah AS Monaco dengan skor 2-3 dalam laga pekan ke-11 Liga Prancis di Stadion Louis II, Jumat waktu setempat (Sabtu WIB).

Pertandingan itu menandai kembalinya bintang PSG, Kylian Mbappe, yang mengemas dua gol keunggulan sang juara bertahan.

Mbappe mencetak gol pertamanya dengan memperdaya Axel Disasi setelah menerima umpan kiriman Angel Di Maria sebelum tenang melepaskan tembakan ke pojok kiri atas gawang pada menit ke-25.

Setelah Willem Geubbels gagal menyamakan kedudukan untuk Monaco pada menit ke-32, lima menit kemudian Mbappe mencetak gol keduanya lewat eksekusi penalti setelah Rafinha dijatuhkan Youssouf Fofana di dalam area terlarang.

Baca juga: PSG konfirmasi buka pembicaraan kontrak baru dengan Mbappe dan Neymar

Moise Kean sempat menjebol gawang tuan rumah, tetapi golnya dianulir karena offside .

Lantas di pengujung babak pertama, Mbappe terlanjur melakukan selebrasi mengira telah melengkapi raihan trigolnya, tetapi VAR dan wasit Clement Turpin meruntuhkan perayaannya dengan menganulir gol itu karena offside .

Memasuki babak kedua, Monaco tampil lebih agresif dan tujuh menit selepas sepak lanjut Kevin Volland memperkecil kedudukan menjadi 1-2 dengan sontekan jarak dekat.

Situasi itu direspon Thomas Tuchel dengan memasukkan Neymar demi memastikan kemenangan PSG, tetapi yang terjadi malah Volland mencetak gol keduanya untuk mengantarkan Monaco menyamakan kedudukan pada menit ke-65 dengan melesakkan tembakan ke gawang tak bertuan setelah Cesc Fabregas sukses memancing kiper Keylor Navas keluar dari sarangnya.

PSG hampir kembali merestorasi keunggulan mereka ketika Kean mengirim umpan matang kepada Pablo Sarabia, tetapi tembakannya mengarah tepat ke pelukan kiper Vito Mannone pada menit ke-79.

Baca juga: Fabregas bersahabat dengan Mourinho, kecewa terhadap Guardiola

Dua menit kemudian, Monaco malah memperoleh hadiah tendangan penalti setelah Abdou Diallo menjatuhkan Volland di dalam area terlarang. Awalnya Diallo hanya diberi kartu kuning, tetapi atas anjuran VAR Turpin menaikkan hukumannya jadi kartu merah.

Tembakan 12 pas dihadapi oleh Fabregas yang dengan dingin memperdaya Navas untuk membawa Monaco berbalik memimpin 3-2.

Keunggulan itu sukses dipertahankan Monaco hingga bubaran untuk memperpanjang rentetan kemenangan mereka jadi tiga laga beruntun dan tim besutan Niko Kovac itu naik ke urutan kedua klasemen dengan koleksi 20 poin.

Sedangkan PSG yang mendapati rentetan empat kemenangan beruntun mereka berakhir tetap menduduki puncak unggul empat poin atas Monaco, demikian catatan laman resmi Liga Prancis.

PSG selanjutnya akan lebih dulu tampil di kelanjutan Grup H Liga Champions dengan menjamu RB Leipzig pada Selasa (24/11) sebelum menghadapi Bordeaux empat hari berselang.

Sedangkan Monaco berusaha melanjutkan tren positif mereka saat menjamu Nimes pada Minggu (29/11).

Baca juga: Gol perdana Hatem ben Arfa antar Bordeaux kembali ke jalur kemenangan
Baca juga: Marquinhos bantah rumor tinggalkan PSG, ingin habiskan karier di Paris

Susunan pemain:

AS Monaco (4-4-2): Vito Mannone; Chrislain Matsima, Axel Disasi, Benoit Badiashile, Fode Ballo-Toure (Caio Henrique); Gelson Martins (Eliot Matazo), Aurelien Tchouameni (Florentino Luis), Youssouf Fofana, Sofiane Diop (Stevan Jovetic); Kevin Volland, Willem Geubbels (Cesc Fabregas)
Pelatih: Niko Kovac

Paris Saint-Germain (4-4-2): Keylor Navas; Colin Dagba, Abdou Diallo, Presnel Kimpembe, Layvin Kurzawa (Mitchel Bakker); Angel Di Maria (Neymar), Danilo Pereira (Leandro Paredes), Rafinha (Alessandro Florenzi), Pablo Sarabia; Kylian Mbappe (Kays Ruiz-Atil), Moise Kean
Pelatih: Thomas Tuchel

Berita terkait: