Provinsi Riau Dijadikan Model Pencegahan Karhutla

Provinsi Riau dijadikan sebagai model penerapan konsep pencegahan kebakaran hutan dan lahan ( Karhutla ) permanen secara nasional. Konsep ini, merupakan gagasan baru pemerintah dalam menangani bencana asap.

“Sudah ada rencana operasional yang disiapkan KLHK bersama BNPB. Tapi saya ingin meyakinkan Riau harus menjadi contohnya,” kata┬áMenteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya , usai bertemu kepala Polda Riau dan gubernur Riau di Pekanbaru, Sabtu (18/7/2020).

Siti Nurbaya mengatakan pemerintah telah mengumpulkan data kebakaran hutan-lahan yang terjadi di “Bumi Lancang Kuning” dalam kurun waktu 10 hingga 13 tahun terakhir. Provinsi Riau dinilai memiliki kondisi cuaca unik dengan dua kali musim kemarau dalam satu tahun.

Ia menuturkan, Presiden Jokowi pada November 2014 pernah mendatangi Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau. Kala itu Jokowi datang untuk memantau langsung langkah pencegahan kebakaran hutan-lahan di lahan gambut. Hingga kini, proses pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan-lahan terus dibenahi dengan menerapkan berbagai sistem terpadu.

“Kalau kita lihat pada November 2014 Presiden Jokowi datang pertama kali ke Meranti. Marilah kita bisa mendapatkan solusi dari seluruh perjalanan rumit ini juga di Riau. Ini baru benar-benar konkret dari Riau untuk Indonesia, bagaimana cara menyelesaikan masalah-masalah kebakaran,” kata Siti Nurbaya .

Berita terkait: