Program Kartu Prakerja Masih Berlanjut Meski Pandemi Corona Berakhir

Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja memastikan program Kartu Prakerja masih tetap berlanjut walaupun pandemi Covid-19 telah berakhir. Sebab, program kolaboratif antara pemerintah dan mitra dari dunia usaha ini dinilai sukses meningkatkan keterampilan kerja peserta melalui beragam pelatihan yang ditawarkan.

“Ini adalah apa yang dilakukan pasca program Prakerja, karena ini ekosistem kolaboratif kita nggak cuma akan berhenti di sini. Oke alumni selesai, thank you good bye enggak. Teman-teman masih bisa follow Instagram di @Prakerja.go.id dan disitu banyak pelatihan-pelatihan gratis dan program-program bagus yang teman-teman bisa ikuti,” ujar Direktur Eksekutif PMO Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari dalam webinar bertajuk Sosialisasi Penguatan Wirausaha Alumni Program Kartu Prakerja Melalui Pembiayaan KUR, Kamis (8/4/).

Bahkan, kata Denni, usai pandemi Covid-19 nanti, program Kartu Prakerja bisa diikuti oleh kalangan masyarakat luas. Termasuk bagi mereka yang telah memperoleh Bantuan bagi Pelaku Usaha Mikro (BPUM) atau BLT UMKM.

“Penerima bansos lainnya juga bisa ambil Prakerja. Tetapi nanti di luar pandemi, di masa normal teman-teman yang penerima bansos lainnya boleh mengambil Kartu Prakerja,” tambahnya.

Dia mengatakan, keputusan untuk menunda perluasan penerima program Kartu Prakerja tersebut lantaran saat ini masih banyak masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 belum memperoleh akses bantuan. Sehingga, pemerataan penyaluran bansos menjadi penting untuk dilakukan di tengah situasi sulit ini.

“Di masa pandemi Covid-19 kita harus memeratakan bantuan pemerintah. Misalnya saja teman-teman tau penerima BPUM ga terima Prakerja, penerima bansos juga ga bisa ambil Prakerja ya untuk saat ini,” ucap dia menekankan.

Minta Masyarakat Bersabar

Oleh karena itu, dia mengimbau kepada seluruh masyarakat yang telah menerima bantuan di luar Kartu Prakerja untuk bersabar terlebih dahulu saat ini. Mengingat fokus manajemen PMO Kartu Prakerja hanya akan meloloskan peserta yang telah memenuhi ketentuan berlaku saat ini guna pemerataan penyaluran bansos.

“Jadi teman-teman tidak perlu berkecil hati, termasuk aparat desa dan sebagainya untuk mengikuti Kartu Prakerja. Karena manfaat Kartu Prakerja tidak berhenti sampai 31 Desember saja. Tapi InsyaAllah akan terus ada selama teman-teman juga mencarinya,” tandasnya.

Berita terkait: