Profil Hanafi Rais Anak Amien Rais, dari Pendidikan hingga Karier

– Ahmad Hanafi Rais adalah anak sulung dari Amien Rais , mantan Ketua MPR-DPR RI. Putra Amien Rais yang aktif di politik dan dunia pendidikan ini kini dikabarkan tengah terbaring di rumah sakit usai mobilnya mengalami kecelakaan. Berikut profil Hanafi Rais.

Profil Hanafi Rais

  • Pendidikan Hanafi Rais

Hanafi Rais tercatat pernah mengenyam bangku kuliah di Universitas Gadjah Mada (UGM) mengambil jurusan Hubungan Internasional.

Hanafi Rais kemudian melanjutkan kuliah jenjang S2 di National University of Singapore (NUS) dengan konsentrasi Kebijakan Publik.

Baca Juga: Ringsek! Ini Foto -foto Mobil Hanafi Rais Kecelakaan di Tol Cipali

  • Karier Hanafi Rais

Hanafi Rais pernah menduduki jabatan Wakil Ketua Komisi I DPR RI (2014-2019).

Kemudian pada Mei 2020, Hanafi Rais menyatakan diri mundur dari kepengurusan DPP Partai Amanat Nasional (PAN) 2020-2025 juga menanggalkan jabatannya sebagai Ketua Fraksi PAN di DPR RI serta sebagai anggota DPR RI 2019-2024.

Pernyataan mundur tersebut dituangkan Hanafi Rais dalam sebuah surat yang dibubuhi materai di atas tanda tangannya. Surat itu dibuat di Jakarta pada Selasa, 5 Mei 2020.

“Bersama surat ini, saya menyatakan mengundurkan diri dari kepengurusan DPP PAN 2020-2025, dari Ketua Fraksi PAN DPR RI dan dari anggota DPR RI Fraksi PAN 2019-2024,” demikian tertulis dalam suratnya.

Hanafi menjelaskan kalau setelah diadakannya kongres partai pada Februari lalu, ia memiliki harapan dan berikhtiar agar PAN bisa menegakkan prinsip keadilan guna menjaga keutuhan dan kebersamaan sesama kader.

Baca Juga: Melarikan Diri, Penabrak Mobil Hanafi Rais di Tol Cipali Kini Diburu Polisi

Ia juga sempat menyinggung apabila kongres PAN diwarnai dengan kekerasan dan mencoreng wajah partai sendiri.

“Kita hendaknya sudah dan terus mentaubati apa yang telah terjadi jika ingin Allah ridha dengan partai ini,” katanya.

Hanafi Rais kecelakaan di Tol Cipali

Mobil Hanafi Rais (Antara)
Mobil Hanafi Rais (Antara)

Putra Amien Rais, Hanafi Rais kecelakaan di tol Cipali. Tepatnya di Ruas Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) kilometer 112.900 tepatnya di wilayah Kabupaten Subang.

Dua orang mengalami luka, salah satunya putra Amien Rais, Ahmad Hanafi Rais .

Menurut Panit PJR Tol Cipali Iptu Karyana, kecelakaan melibatkan tiga kendaraan yang tengah melaju dari arah Cirebon menuju Jakarta sekitar pukul 02.22 WIB.

Ia juga membenarkan bahwa korban kecelakaan tersebut salah satunya adalah putra sulung Amien Rais.

“Toyota Alphard dengan nopol B-1612 -WMV yang di kendarai oleh Ferdian tertabrak oleh kendaraan dari arah belakang kemudian alphard tersebut terpental dan menabrak lagi kendaraan berat, menurut keterangan dari sopir betul korban Ahmad Hanafi Rais anaknya Amien Rais,” ujar Panit PJR Tol Cipali Iptu Karyana ditemui di kantornya di Wilayah Cilameri Subang, Minggu (18/10/2020).

Hanafi Rais yang duduk di bangku penumpang bagian depan alami luka cukup berat.

Sedangkan sopirnya Ferdian Yudha Pratama luka sedang.

“Penumpangnya alami luka berat dan sopirnya luka sedang, sekitar pukul 03.00 WIB dibawa ke rumah sakit di Purwakarta,” terangnya.

Berita terkait: