Praveen/Melati Gagal Juara di Thailand Terbuka 2021

Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti gagal meraih gelar juara ganda campuran Thailand Terbuka setelah menyerah kepada pasangan tuan rumah Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai 3-21, 22-20, 18-21 di Impact Arena, Bangkok, Minggu (17/1/2021).

Pada gim pertama, pasangan Thailand sempat memimpin hingga 3-0 akibat kesalahan yang dilakukan Praveen. Pasangan Indonesia ini bahkan kemudian tertinggal 2-7. Pengembalian kurang sempurna banyak dilakukan Praveen.

Kesalahan demi kesalahan yang dilakukan Praveen membuat pasangan Indonesia tertinggal sampai 3-15. Pengembalian pemain kelahiran Jakarta ini kerap menyangkut di net atau keluar.

Performa Praveen/Melati di gim pertama ini sama sekali tak menunjukkan mereka sebagai pasangan berperingkat empat dunia. Pasangan Indonesia ternyata tak bisa bangkit dan menambah angka.

Pasangan Thailand pun dengan mudah menyelesaikan gim pertama ini dalam waktu sembilan menit dengan skor 21-3. Praveen/Melati memang tampaknya sengaja melepas gim ini setelah merasa permainan mereka tak berkembang dan tertinggal jauh.

Penampilan Praveen/Melati membaik pada gim kedua. Mereka bisa melakukan perlawanan ketat kepada pasangan yang juga unggulan pertama ini.

Tekanan mulai bisa lakukan Praveen/Melati dan membuat pasangan Thailand itu kerap membuat kesalahan. Praveen/Melati pun mampu memimpin hingga 11-6. Namun Dechapol/Sapsire kemudian mampu bangkit dan mampu menyamakan kedudukan hingga 16-16.

Kejar-mengejar poin pun dan saling menyamakan poin terjadi dengan ketat. Indonesia kemudian memimpin 20-19. Namun pasangan Thailand mampu menyamakan menjadi 20-20. Praveen/Melati pun menyelesaikan gim kedua dalam 21 menit dengan skor 22-20.

Di gim penentuan, persaingan meraih poin kian ketat. Indonesia sempat tertinggal 2-4. Indonesia terus tertinggal hingga 5-8. Ganda tuan rumah itu juga berhasil meraih 11 poin lebih dulu sehingga kedua pasangan harus berpindah posisi di gim ketiga ini dalam kedudukan 11-7.

Praveen/Melati mulai mengejar setelah perpindahan tempat ini dan menambah tiga angka hingga kedudukan 10-11. Indonesia sempat memimpin dalam kedudukan 14-13. Namun pasangan Thailand segera mampu menyamakan kedudukan menjadi 14-14 bahkan unggul 17-14.

Namun Praveen/Melati kemudian mampu meraih tiga poin beruntun dan menyamakan kedudukan menjadi 17-17. Dechapol/Sapsire kemudian memimpin hingga 20-17 dan menyelesaikan gim ketiga dengan 21-18. Total waktu yang dibutuhkan Dechapol/Sapsire untuk menundukkan Praveen Melati adalah 56 menit.

Berita terkait: