Potret Jernihnya Mata Air Cipondok, Sumber Produksi Aqua jadi Destinasi Wisata

Perusahaan air minum dalam kemasan, Aqua kini telah menjamah hingga ke seluruh pelosok negeri. Namun, tak banyak yang tahu mengenai beberapa sumber mata air yang menjadi sumber produksi air minum tersebut.

Masih alami dan belum terjamah oleh banyak orang, berikut ini merupakan potret salah satu mata air yang menjadi sumber produksi perusahaan Aqua di daerah Subang, Jawa Barat. Saking terkenalnya, sumber mata air yang memiliki nama asli Mata Air Cipondok tersebut acap kali disebut dengan Mata Air Aqua.

Lantaran semakin banyaknya orang yang penasaran dengan kejernihan mata air Cipondok, masyarakat sekitar pun lantas menjadikan objek tersebut sebagai salah satu destinasi wisata alam di Subang. Harga tiket masuknya pun terbilang cukup murah.

Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Air Berwarna Biru Jernih

Mata air yang berada di Kampung Cipondok, Desa Pasanggrahan, Kecamatan Kasomalang, Subang, Jawa Barat ini telah lama menjadi salah satu penopang produksi perusahaan air minum Aqua. Tak hanya menggali sumber daya alam, lingkungan sekitar pun masih dijaga kelestariannya oleh warga setempat.

sumber mata air aqua cipondok

YouTube kita keluar rumah ©2020

Bahkan, hingga kini kejernihan air yang berasal dari sumbernya tersebut masih benar-benar terjaga. Meski acap kali digunakan warga untuk memenuhi kebutuhannya, namun warna air dari Mata Air Cipondok tersebut masih terlihat biru dan bersih.

Disebut Mata Air Aqua

Sumber mata air yang satu ini pun lantas dikenal publik dengan sebutan Mata Air Aqua. Selain karena dekat dengan pabriknya, sumber Mata Air Cipondok tersebut juga menjadi salah satu sumber produksi dari air minum dalam kemasan, Aqua.

sumber mata air aqua cipondok

YouTube kita keluar rumah ©2020

“Tempatnya tak jauh dari pabrik Aqua Cipondok sehingga mudah dicari dan tempat ini lebih dikenal dengan sebutan Mata Air Aqua,” dikutip dari akun YouTube kita keluar rumah.

Jadi Destinasi Wisata

Sumber mata air yang masih asri tersebut cukup mendapatkan antusiasme dari banyak orang. Peluang usaha ini pun kemudian ditangkap oleh masyarakat setempat. Hanya berbekal dengan air yang jernih serta kelincahan warga sekitar, sumber mata air tersebut lantas dijadikan sebagai kolam pemandian dengan harga tiket masuk sebesar Rp5 ribu saja.

sumber mata air aqua cipondok

YouTube kita keluar rumah ©2020

“Karena sosial media yang semakin ramai di kalangan masyarakat setempat, maka tempat ini menjadi ramai dan dijadikan tempat wisata seperti sekarang ini,” lanjutnya.

Hasil Pemanfaatan Masyarakat Sekitar

Namun, kolam pemandian tersebut bukanlah berisikan murni dari sumber Mata Air Cipondok secara langsung. Melainkan air pembuangan dari pabrik perusahaan Aqua yang kemudian dimanfaatkan oleh masyarakat setempat untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari seperti mencuci, mandi, hingga membangun destinasi wisata.

sumber mata air aqua cipondok

YouTube kita keluar rumah ©2020

“Air Aqua di sini bukan air yang di- supply ke masyarakat atau yang dikonsumsi kalian sehari-hari, melainkan air pembuangan dari pabrik Aqua tersebut yang dimanfaatkan warga sekitar untuk kebutuhan sehari-hari mandi, mencuci, dan lain-lain,” tulis sang pengunggah video.

[mta]

Baca Selanjutnya: Air Berwarna Biru Jernih…

Halaman

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4

Berita terkait: