Potret Gagah SBY Berseragam Loreng TNI Didampingi Adik Ipar Berbaret Merah Kopasssus

Banyak orang mungkin sudah mengetahui jika Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY ), merupakan mantan prajurit TNI yang pernah bertugas di satuan Angkatan Darat. Ia lulus dari Akademi Angkatan Bersenjata RI pada tahun 1973, dengan menyandang penghargaan Adhi Makayasa atau taruna lulusan terbaik.

Tak hanya itu, SBY juga disebut mendapatkan penghargaan Tri Sakti Wiratama atas prestasi tertinggi gabungan antara mental, fisik, dan kecerdasan intelektualnya. Hal itulah yang membuat SBY menjadi salah satu prajurit TNI yang diperhitungkan.

Belum lama ini, akun Instagram @ tni lovers18, nampak membagikan potret lawas SBY ketika masih bertugas di Angkatan Darat. Berpose bersama mendiang adik iparnya, ia nampak begitu gagah dengan seragam lorengnya. Berikut potretnya:

SBY dengan Seragam Loreng

Melansir dari unggahan @tnilovers18, membagikan potret gagah SBY menggunakan seragam loreng TNI. Diketahui, setelah lulus dari Akabri dan meninggalkan Lembah Tidar, SBY sempat ditugaskan sebagai penerjun payung di pasukan Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad).

Batalyon Infanteri (Yonif) Lintas Udara (Linud) 330 adalah pos pertama SBY sebagai letnan dua TNI-AD. Pangkat terakhir SBY saat pensiun dari TNI pada April 2001, adalah Letnan Jenderal alias bintang tiga.

Karier SBY di kemiliteran pun berakhir, ketika Presiden Abdurahman Wahid (Gus Dur) memintanya untuk menjabat sebagai Menteri Pertambangan dan Energi.

Meski sudah pensiun, SBY akhirnya berhasil menyempurnakan bintang di pundaknya. Ia mendapatkan gelar jenderal kehormatan bintang empat saat menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan periode 2001-2004.

Potret SBY dengan Mendiang Adik Ipar

Dalam foto yang dibagikan, nampak SBY berpose disamping mendiang adik iparnya, Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo. Ia diketahui pernah menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) pada tahun 2011-2013.

Dalam foto yang dibagikan, nampak SBY dengan gagah menggunakan seragam loreng dan melipat tangan di dadanya. Terlihat pula Jenderal Pramono di samping SBY menggunakan baret merah sebagai tanda ia bertugas sebagai prajurit Kopassus.

potret lawas sby pakai seragam tni

Instagram/@tnilovers18 ©2021

” Ketika kita sedang mendaki gunung dan sampai ke Puncak, apa yang seharusnya kita persiapkan agar tidak jatuh dalam jalan pulang? Tentunya mempersiapkan bagaimaa cara untuk turun dengan baik. Begitu halnya kehidupan. ” tulis keterangan unggahan.

SBY Disebut Sempat Ingin Jadi Anggota Kopassus

Dalam buku berjudul Kepak Sayap Putri Prajurit (2013) yang disusun oleh Alberthiene Endah dan Ani Yudhoyono, mendiang istri SBY itu pernah bercerita, bahwa Kopassus sebenarnya merupakan satuan yang diinginkan oleh Susilo Bambang Yudhoyono untuk ditugaskan.

Ani Yudhoyono menyebut, jika SBY sempat mengincar satuan elite Komando Pasukan Khusus (Kopassus) sebagai jalan kariernya. Namun, ia gagal masuk lantaran pada saat itu Kopassus tidak mengadakan penambahan personel lagi.

Berita terkait: