Polri Tetap Anggarkan Pengamanan Piala Dunia U-20 dan MotoGP

– Polri tetap menganggarkan kebutuhan pengamanan Piala Dunia U-20 dan MotoGP yang rencananya digelar di Indonesia pada 2021. Sebab belum ada keputusan untuk menunda perhelatan tersebut.

Kepastian itu disampaikan Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono saat rapat kerja dengan Komisi III DPR, di gedung Parlemen, Jakarta, Senin (14/9/2020). Gatot merespons pertanyaan Anggota Komisi III Supriansa.

“(pengamanan MotoGP) memang masih kami anggarkan, Pak, termasuk pam (pengamanan) Piala Dunia. Karena pemerintah belum resmi menyampaikan untuk tahun 2021 itu akan ditunda,” ungkap Gatot.

BACA JUGA

Menpora Berjanji Terbuka Soal Anggaran Piala Dunia U-20

Gatot menjelaskan Polri dapat melakukan revisi anggaran sesuai ketentuan yang berlaku, jika diputuskan pelaksanaan Piala Dunia U-20 dan MotoGP ditunda. “Jangan sampai nanti kami tidak merencanakan, tiba-tiba itu (dua ajang) bisa berjalan,” imbuh Gatot.

Supriansa memang mengugulkan agar Polri mengalihkan anggaran pengamanan Piala Dunia U-20 dan MotoGP ke program terkait penanganan pandemi Covid-19. “Bisa jadi bahan pertimbangan untuk digeser,” ujar Supriansa.

Diketahui, anggaran pengamanan Piala Dunia U-20 sekitar Rp73 miliar, sedangkan untuk MotoGP kurang lebih Rp48 miliar. Piala Dunia U-20 dijadwalkan berlangsung pada 20 Mei-12 Juni 2021. Sementara berdasarkan rencana, MotoGP digelar pada Oktober 2021.