Politik kemarin, Gibran diusung di Pilkada Solo hingga Ombudsman

Jakarta () – Sejumlah informasi penting menghiasi berita politik pada Jumat (17/7) yang masih menarik untuk dibaca dan menjadi perhatian publik, mulai Gibran Rakabuming resmi diusung di Pilkada Solo hingga Presiden Jokowi mencari anggota Ombudsman RI.

Berikut rangkuman beritanya:

1. PDIP resmi usung Gibran-Teguh di Pilkada Solo

Jakarta () – DPP Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan resmi mengusung Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa sebagai pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Solo pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020.

Keputusan itu dibacakan Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani dalam pengumuman tahap kedua 45 pasangan calon kepala daerah Pilkada Serentak 2020 secara virtual, di Jakarta, Jumat.

Baca selengkapnya di sini

2. Megawati ingatkan calon kepala daerah PDIP tak berleha-leha

Jakarta () – Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri meminta agar para calon kepala daerah yang diusung partai itu, termasuk Gibran Rakabuming Raka di Pilkada Surakarta, untuk tidak berleha-leha usai menerima rekomendasi menjadi calon kepala daerah dan wakil kepala daerah dari partai.

“Semuanya harus segera bekerja keras turun di tengah rakyat untuk meraih kemenangan di pilkada,” kata Megawati usai pengumuman calon kepala daerah di 45 wilayah dengan teleconfrence, di Jakarta, Jumat.

Baca selengkapnya di sini

3. Tito: Kaltara paling siap gelar Pilkada 2020

Tarakan () – Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengatakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) merupakan wilayah yang paling siap mengelar Pilkada Serentak 2020.

“Alasan pertama, di Kaltara untuk urusan dukungan pendanaannya (utamanya dari APBD Kaltara maupun APBD Kabupaten) telah berwarna ‘hijau’ rata-rata. Atau telah tertransfer 100 persen, utamanya bagi penyelenggara pemilihan umum (Pemilu),” kata Tito di Tarakan, Jumat saat Rapat Persiapan Pilkada Serentak Tahun 2020 dan Pengarahan Kepada Gugus Tugas COVID-19 di Kalimantan Utara.

Baca selengkapnya di sini

4. DPD sebut tiga senator rekomendasi La Nyalla jika reshuffle

Jakarta () – Wakil Ketua DPD RI Sultan Bachtiar Najamudin mengungkapkan tiga nama anggota DPD RI (senator) rekomendasi Ketua DPD RI AA La Nyalla Mahmud Mattalitti dalam suratnya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengisi pos Menteri jika terjadi perombakan kabinet (reshuffle).

“Ada tiga nama yang oleh Ketua DPD direkomendasikan ke Presiden. Tetapi tentu semua kembali kepada Pak Jokowi,” kata Sultan kepada wartawan di Senayan, Jakarta, Jumat.

Baca selengkapnya di sini

5. Presiden Jokowi cari anggota Ombudsman RI 2021-2026

Jakarta () – Presiden Joko Widodo mencari 18 orang kandidat untuk menjadi calon anggota Ombudsman Republik Indonesia jabatan tahun 2021-2026.

Pencarian tersebut dilakukan oleh lima panitia seleksi (pansel) calon anggota Ombudsman RI 2021-2026 yaitu mantan Wakil Ketua KPK Chandra M Hamzah sebagai ketua pansel, Ketua Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Muhammad Yusuf Ateh (wakil ketua pansel), Deputi IV Kantor Staf Presiden Juri Ardiantoro (anggota), pengajar Departemen Sosiologi FISIP Francisia Saveria Sika Ery Seda (anggota) dan Ketua Asosiasi Pesantren Nahdlatul Ulama Abdul Ghaffar Rozin (anggota).

Baca selengkapnya di sini

Berita terkait: