Polda Metro Siap Amankan Iduladha

Polda Metro Jaya, siap mengamankan ibadah Hari Raya Iduladha, termasuk pemotongan hewan kurban di masjid-masjid, di Ibu Kota Jakarta dan sekitarnya. Polisi juga akan mengawal pelaksanaan protokol kesehatan.

“Untuk Idul Adha, kami mengamankannya. Polisi akan mengerahkan personel terhadap kebijakan pemerintah, dalam hal ini di beberapa masjid yang melaksanakan perayaan kurban,” ujar Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana, di Jakarta, Senin (27/7/2020).

Dikatakan Nana, personel akan melakukan pengamanan dan pengawalan terkait penerapan protokol kesehatan. “Kami akan mengamankan dan mengawal untuk menerapkan protokol kesehatan di lokasi kurban,” ungkapnya.

Nana menyampaikan, pelaksanaan kegiatan pemotongan hewan kurban harus menerapkan protokol kesehatan. Semisal, menggunakan masker, jaga jarak dan cuci tangan.

” Iya , kita akan tetap menerapkan protokol kesehatan di lokasi pemotongan hewan kurban. Kami akan selalu mengingatkan masyarakat di lokasi pemotongan hewan kurban,” katanya.

Nana juga mengimbau warga di DKI Jakarta agar tidak bergerombol menyaksikan pemotongan hewan kurban. Tujuannya untuk mencegah penyebaran Covid-19 yang masih tinggi di Jakarta.

“Ini demi keselamatan kita semua, tidak harus berduyun-duyun datang menyaksikan pemotongan hewan kurban,” kata Irjen Nana.

Didinggung masalah penyembelihan hewan kurban tetap diperbolehkan meski di tengah pandemi yang penting tetap menerapkan protokol kesehatan.

Sementara para penjual atau pengelola tempat penampungan hewan kurban diwajibkan mengisi Corona Likelihood Metric (CLM) yang merupakan aplikasi pengujian atau skrining mandiri untuk mengetahui risiko Covid-19 dari seseorang.

Bahkan pengelola tempat penampungan hewan kurban diharuskan menyediakan penunjang protokol kesehatan mulai dari alat ukur suhu tubuh, alat cuci tangan, hingga memakai masker saat berjualan.

Pihak kepolisian akan terus mengawasi sejumlah lokasi penampungan hewan kurban guna memastikan aturan protokol kesehatan dijalankan sesuai aturan berlaku.

Berita terkait: