Polda Bengkulu: Banyak Warga Tidak Taati Protokol Kesehatan

Kabid Humas Polda Bengkulu, Kombes Pol Sudarno mengatakan, anggota Polda yang rutin melaksanakan patroli masih banyak menemukan masyarakat di daerah ini tidak mentaati protokol kesehatan, seperti tidak memakai masker dan berkerumun di tempat umum.

“Anggota kita yang rutin melaksanakan patroli di lapangan masih banyak menemukan warga tidak taat protokol kesehatan, seperti tidak memakai masker dan berkerumun di tempat umum. Masyarakat ini langsung ditegur anggota agar menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terpapar Covid-19 ,” kata Kabid Humas Polda Bengkulu, Kombes Pol Sudarno, di Bengkulu, Minggu (17/1/2021).

Ia mengatakan, pengawasan penerapan protokol kesehatan saat ini, difokuskan pada beberapa titik yang menjadi pusat keramaian di Kota Bengkulu, seperti pasar, tempat wisata dan pesta pernikahan. Sebab, dititik tersebut berpotensi terjadi kerumunan orang.

BACA JUGA

Dinkes Bengkulu Optimistis Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Sesuai Target

Karena itu, pasar, tempat wisata dan pesta pernikahan menjadi fokus mengawasan Polda Bengkulu. Hal ini dilakukan untuk menekan kasus penambahan virus corona di daerah ini. Soalnya, jika kerumunan masyarakat tidak dihentikan maka kasus Covid-19 akan terus meningkat.

Sudarno menambahkan, dari hasil pengawasan yang dilakukan petugas di lapangan, masyarakat yang banyak tidak memakai masker, jaga jarak dan berkerumuan terjadi tempat wisata, pasar tradisional, dan tempat lainnya.

Untuk mengatasi hal ini, Polda Bengkulu dan instansi terkait di daerah ini akan meningkatkan pengawasan protokol kesehatan di tempat tersebut, sehingga tingkat kepatuhan warga menerapkan protokol kesehatan akan meningkat.

Dengan demikian, katanya di pasar, tempat wisata dan tempat umum lainya di Bengkulu, kesadaran masyarakat menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak dan tidak berkerumun akan semakin baik dari sebelumnya.

Selain itu, personel juga memberikan imbauan kepada pemilik kios ataupun toko di seputaran Pasar Panorama agar menyiapkan tempat cuci tangan dan sabun bagi pengunjung sehingga akan terhindar dari terpapar Covid-19 .

“Kita terus mengingatkan masyarakat agar selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan jika berada di luar rumah sehingga akan terhindar dari ancaman terpapar virus corona ,” ujarnya.

BACA JUGA

Antisipasi Kasus Covid-19, RSUD Yunus Bengkulu Tambah Kapasitas Tempat Tidur

Berita terkait: