PM Inggris Akan Izinkan Penonton Kembali ke Stadion pada Oktober

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson akan mengizinkan suporter bisa kembali menyaksikan pertandingan di stadion pada bulan Oktober. Sebelum itu akan dilakukan serangkaian uji coba yang akan dimulai akhir bulan ini. 

Pertemuan massal telah dilarang sejak Maret sebagai bagian dari langkah sosial yang dilakukan untuk memerangi pandemi Covid-19. Namun kini Johnson mengatakan pemerintah sedang berupaya melakukan pemulihan diantaranya berupaya untuk mengembalikan penonton.

“Kami akan melakukan uji coba pertemuan yang lebih besar di tempat-tempat seperti stadion olahraga dengan maksud untuk pembukaan kembali yang lebih luas di musim gugur. Dari Oktober kami berniat mengembalikan penonton di stadion dan memungkinkan konferensi dan acara bisnis lainnya untuk dimulai kembali,” kata Johnson.

Kejuaraan Dunia Snooker, festival balap kuda Glorious Goodwood dan dua pertandingan persahabatan kriket daerah akan menjadi pertandingan yang akan diuji coba dengan kehadiran penonton, mulai akhir bulan ini.

Menteri Olahraga Nigel Huddleston mengakui bahwa bagi banyak olahraga, penggemar adalah “darah kehidupan” mereka.

“Meskipun akan tetap beberapa waktu sebelum venue penuh dengan kapasitas, ini adalah langkah besar ke arah yang benar untuk dimulainya kembalinya penonton olahraga langsung di seluruh negeri,” katanya.

Ketua eksekutif Liga Premier Richard Masters sebelumnya mengatakan klub-klub papan atas sangat ingin bertindak sebagai “pilot uji coba” untuk setiap percobaan seputar pembukaan kembali stadion secara bertahap.

Tergantung pada berapa banyak penggemar yang diizinkan kembali, itu bisa menjadi dorongan besar bagi keuangan klub-klub di Liga Sepakbola Inggris, yang sangat bergantung pada pendapatan hari pertandingan.