PLN Berhasil Pulihkan 99% Kelistrikan Terdampak Banjir di Jawa Barat

Dengan mengutamakan keselamatan masyarakat, PT PLN terus berupaya memulihkan sistem kelistrikan yang terdampak banjir di Jawa Barat. Hingga Selasa (23/2/2021) pukul 18.00 WIB, PLN berhasil menyalakan kembali 99% gardu distribusi yang terdampak banjir di Jawa Barat.

“Sebanyak 2.117 dari 2.147 unit gardu distribusi atau 99 persen yang terdampak banjir sudah berhasil dipulihkan kembali. Dan juga sebanyak 516.483 pelanggan yang terdampak banjir sudah berhasil dinyalakan kembali. Untuk Bekasi, sempat jebol lagi tanggulnya, sehingga Gardu yang terdampak bertambah,” kata General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat (UID Jabar), Agung Nugraha melalui keterangan di Jakarta, Selasa (23/2/2021).

BACA JUGA

PLN Pastikan Pasokan Listrik Food Estate di Sumut Terpenuhi

Agung mengungkapkan, pihaknya masih menyiagakan 72 Posko, 3.799 orang personil 103 Genset, 20 UPS, 99 Unit Gardu Bergerak, 12 Unit Kendaraan Deteksi, 700 Unit Kendaraan Operasional dan 9 perahu karet yang tersebar di wilayah Jawa Barat yang terdampak banjir. Adapun wilayah di Jabar yang belum menyala meliputi sebagian wilayah Cikarang, Bekasi dan Karawang.

Bagi pelanggan yang masih padam, secara bertahap akan dinormalkan dengan melihat kondisi banjir. Jika semua jaringan listrik baik di sisi warga maupun PLN sudah dalam kondisi kering dan siap dialiri listrik maka akan segera dinyalakan.

PLN terus memantau perkembangan situasi pada lokasi-lokasi yang terdampak maupun berpotensi banjir. PLN juga terus berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah setempat untuk secara sigap mengambil Langkah yang mengutamakan keselamatan masyarakat.

BACA JUGA

PLN Pulihkan 99% Listrik Pelanggan di Jakarta

Selain terus berupaya memulihkan kelistrikan yang terimbas banjir, pihaknya juga menyalurkan makanan siap santap sebanyak 500 bungkus bagi para korban banjir di Pebayuran, Cikarang dan sebanyak 750 bungkus pada 6 Wilayah di Karawang.

“Apabila air mulai masuk ke rumah, warga secara mandiri dapat mematikan listrik dari Mini Circuit Breaker (MCB) pada kWh meter. Selanjutnya masyarakat bisa menghubungi PLN melalui aplikasi PLN Mobile atau Contact Center 123,” tutur Agung.

Guna mengetahui informasi terkini atau menyampaikan aduan terkait kelistrikan, masyarakat dapat mangaksesnya melalui aplikasi PLN Mobile.

Berita terkait: