PKS Kembali Usung Idris di Pilkada Depok?

Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Depok Hafid Nasir mengatakan bahwa Wali Kota Depok Mohammad Idris telah mendapatkan sinyal dari DPP PKS untuk maju sebagai calon wali kota dalam Pilkada Depok yang akan digelar 9 Desember 2020.

Namun demikian, dikatakan Hafid Nasir, DPD PKS Kota Depok Selasa (21/7/2020) malam telah menggelar pertemuan silaturahim dengan Mohammad Idris di Kantor DPD PKS di Jalan Margonda Raya.

Hafid menuturkan, pertemuan tersebut sifatnya silaturahim sebagaimana juga dilakukan Idris ke partai-partai lain yang ada di Kota Depok. Ditegaskan Hafid tidak ada penyampaian rekomendasi partai namun memang ada sinyal dari DPP PKS untuk mempertimbangkan Mohammad Idris sebagai calon wali kota dalam Pilkada Depok 9 Desember mendatang. 

“Intinya kami sudah membangun komunikasi dengan teman-teman yang tergabung dalam Depok Tertata. Diantaranya dengan partai Demokrat, PPP, dan PAN. Kami di PKS berharap memang terbangun koalisi besar utk pilkada nanti. Saya pribadi belum membaca SK atau rekomendasi DPP PKS,” tutur Hafid di Depok, Jawa Barat, Rabu (22/7/2020).

Menurutnya jika DPP sudah menunjukan rekomendasi harus ada SK. Namun hingga saat ini DPP belum mengeluarkan SK.

“Jadi ini baru sinyal dari DPP bahwa akan mengusung Pak Idris di Pilkada Depok nanti. Jadi saya perlu meluruskan bahwa ini baru sinyal, ya” kata Hafid.

Hafid juga menegaskan bahwa urusan siapa yang akan direkomendasikan nanti merupakan kewenangan DPP. Sedangkan DPD PKS Kota Depok masih fokus kepada tiga kandidat hasil Pemira Internal PKS beberapa waktu lalu.

“Semua kami serahkan ke DPP, yang jelas di DPD PKS Depok mengusulkan tiga orang hasil pemira kemarin ke DPP. Ketiga nama itu adalah saya (Hafid Nasir), Imam Budi Hartono dan Tengku Farida Rachmayanti,” pungkas Hafid.

Pilkada Depok akan digelar 9 Desember 2020. Wali Kota Depok Mohammad Idris dan Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna dipastikan akan berpisah dan masing-masing maju mencalonkan diri.

Pradi telah mengantongi rekomendasi dari PDI-Perjuangan untuk maju sebagai calon wali kota bersama dengan Afifah Alia yang menjadi calon wakil wali kota. PDI Perjuangan akan berkoalisi dengan Partai Gerindra dalam Pilkada Depok 2020. Rekomendasi DPP Partai Gerindra menurut Sekretaris DPC Partai Gerindra Kota Depok Hamzah diyakini akan segera diumumkan dalam waktu dekat dengan nama Pradi sebagai calon wali kota.

Sedangkan parpol lainnya yakni PPP, Partai Demokrat dan PAN merapatkan barisan dalam nama Koalisi Tertata yang mengusung Mohammad Idris sebagai calon wali kota. Meski demikian belum ada satupun rekomendasi dikeluarkan oleh parpol di tingkat pusat/ DPP dalam Koalisi Tertata. 

Berita terkait: