Perbedaan Kartu Kredit dan Debit, Pahami Kelebihannya Masing-masing

Perbedaan kartu kredit dan debit harus dipahami. Sebab, kini hampir sebagian besar pasar telah menggunakan metode pembayaran yang memanfaatkan kartu kredit maupun debit.

Hal tersebut tak lain lantaran berbagai alasan kenyamanan hingga keamanan pengguna dan pelaku usaha untuk saling melakukan transaksi. Dengan menggunakan kartu kredit ataupun debit, kedua pihak pun tak harus mengikutsertakan uang cash saat bertransaksi secara langsung.

Meski memiliki beragam kemudahan di dalamnya, namun pengguna seringkali masih merasa bimbang untuk menentukan kartu kredit atau debit untuk membantu mereka bertransaksi. Ternyata, baik kartu kredit maupun debit pun sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Nah, maka dari itu memahami perbedaan kartu kredit dan debit pun menjadi hal yang penting bagi Anda sebagai bahan pertimbangan yang kuat. Simak perbedaan kartu kredit dan debit yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber berikut ini.

Pengertian

Memahami perbedaan kartu kredit dan debit hendaknya dimulai dari segi pengertiannya terlebih dahulu. Sebenarnya, baik kartu kredit maupun debit sama-sama dibuat untuk memudahkan pengguna saat melakukan transaksi secara langsung melalui mesin automatic teller machine (ATM) ataupun electronic data capture (EDC).

Namun, secara lebih rinci ternyata keduanya pun memiliki kegunaan yang cukup berbeda. Saat digunakan di dalam mesin ATM, kedua kartu itu disebut sebagai kartu ATM. Namun saat digunakan pada mesin EDC, kedua kartu itu disebut sebagai kartu sesuai dengan namanya masing-masing.

ilustrasi atm dan kartu kredit

Ilustrasi shutterstock.com

Dilansir dari laman Bank Indonesia , kartu debit adalah pembayaran dengan menggunakan kartu yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran atas kewajiban yang timbul dari suatu kegiatan ekonomi. Kewajiban tersebut dipenuhi seketika dengan mengurangi secara langsung simpanan pemegang kartu debit yang dilakukan oleh bank atau lembaga selain bank yang berwenang untuk menghimpun dana.

Sementara itu, kartu kredit merupakan alat pembayaran menggunakan kartu yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran atas kewajiban yang timbul dari suatu kegiatan ekonomi. Kewajiban tersebut dipenuhi terlebih dahulu oleh penerbit, pemegang kartu berkewajiban untuk melakukan pembayaran pada waktu yang telah disepakati.

Prosedur Pembuatan

Perbedaan kartu kredit dan debit yang kedua adalah mengenai prosedur pembuatannya. Sebenarnya, mekanisme pembuatan dari kedua kartu tersebut tidak sepenuhnya berbeda. Pengguna cukup berkonsultasi kepada teller bank terpercaya dahulu untuk mendapatkan penjelasan lengkapnya mengenai detail penggunaan kartu kredit dan debit yang diterbitkan.

ilustrasi atm dan kartu kredit

Ilustrasi shutterstock.com

Hal yang menjadi perhatian pada saat membuat kedua kartu tersebut adalah sebagai berikut:

Kartu kredit

Untuk menggunakan kartu kredit, terdapat beberapa pertimbangan yang harus dicermati dengan baik-baik. Hal ini tak lain agar kondisi keuangan Anda tetap aman meskipun menggunakan kartu kredit. Beberapa di antaranya yakni dengan memahami tingkat bunga, besaran biaya administrasi dan denda, perhitungan minimum pembayaran tagihan setiap bulan, serta fitur yang ditawarkan pada kartu kredit.

Kartu debit

Sama halnya dengan kartu kredit, saat membuat kartu debit pun juga harus mempertimbangkan beberapa hal yang berupa biaya administrasi, penimbangan kelebihan dibanding menggunakan kartu kredit, fitur yang dimiliki, hingga manfaat berlangganan kartu debit pada bank yang dipercaya.

Kelebihan dan Kekurangan

Perbedaan kartu kredit dan debit selanjutnya adalah mengenai kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Meski dinilai cukup bermanfaat, namun penggunaan kartu yang tidak bijak juga dapat menyebabkan beberapa permasalahan.

ilustrasi atm dan kartu kredit

Ilustrasi shutterstock.com

Berikut kelebihan dari kartu kredit dan debit:

Kelebihan kartu kredit:

  1. Memberikan kemudahan untuk melakukan transaksi berbelanja tanpa perlu membawa uang tunai.
  2. Dapat membelanjakan uang melebihi dari saldo tabungan.
  3. Pengguna dapat lebih bijak untuk mengatur keuangan lantaran mengetahui bahwa biaya akan dibebankan pada suatu waktu tertentu.

Kelebihan kartu debit:

  1. Memberikan kemudahan untuk melakukan transaksi berbelanja tanpa perlu membawa uang tunai.
  2. Tidak terdapat tagihan yang dibebankan, lantaran transaksi diambil dari rekening penyimpanan pada bank tertentu.

Kekurangan kartu kredit:

  1. Terdapat tagihan yang dibebankan dalam kurun waktu tertentu, hal ini dapat menimbulkan pembengkakan pengeluaran saat transaksi tidak diatur dengan baik dan benar.

Kekurangan kartu debit:

  1. Dapat disalahgunakan saat kartu dan PIN diketahui oleh pihak lain atau pengguna melakukan kelalaian saat menyimpan kartu.
  2. Risiko fraud yang sengaja dilakukan oleh pihak tak bertanggungjawab dengan mencuri data nasabah.

Pintar Menggunakan Kartu Kredit

Setelah memahami perbedaan kartu kredit dan debit, maka pilihan dari berbagai pertimbangan pun kini sudah berada di tangan.

ilustrasi atm dan kartu kredit

Ilustrasi shutterstock.com

Jika Anda memutuskan untuk memilih kartu kredit usai mengetahui perbedaan kartu kredit dan debit, maka beberapa langkah berikut ini patut Anda lakukan agar kondisi keuangan tetap dapat terkontrol:

  1. Pantau pengeluaran secara rutin.
  2. Bayar tagihan tepat waktu.
  3. Maksimalkan pembayaran.
  4. Tentukan batas pagu kartu kredit sesuai dengan kemampuan.
  5. Hindari menggunakan kartu kredit untuk belanja kebutuhan.
  6. Periksa selalu tagihan secara berkala.

Berita terkait: