Pengguna KRL Stasiun Cikarang Disediakan Bus Gratis

Pengguna kereta rel listrik (KRL) di Stasiun Cikarang, Kabupaten Bekasi, mendapat bantuan operasional bus gratis dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Sebanyak 20 armada bus gratis mulai beroperasi sejak Senin (13/7/2020) pagi dan dan setiap Jumat petang.

“Bus ini dipersiapkan untuk mengurai antrean yang terjadi di Stasiun Cikarang, setiap Senin pagi dan Jumat sore,” ujar Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bekasi, Yana Suyatna, Kamis (16/7/2020).

Menurutnya, bus gratis ini melayani pengguna KRL tujuan Cikarang-Manggarai pada Senin pagi dan tujuan Manggarai-Cikarang pada Jumat sore. Sama seperti halnya pengoperasian bus gratis di stasiun lain, bus gratis ini di Stasiun Cikarang merupakan kerja sama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, Provinsi Jawa Barat dan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan.

Bus sudah beroperasi sejak Senin pukul 05.15-07.30 WIB dan setiap Jumat sekitar pukul 15.00-16.00 WIB. “Bus gratis ini diharapkan mampu mengantisipasi penumpukan penumpang KRL di stasiun,” ungkapnya.

Penumpang KRL dapat menggunakan bus gratis dengan penerapan protokol kesehatan seperti pemeriksaan suhu tubuh serta diwajibkan memakai masker.

“Kapasitas penumpang bus gratis ini dibatasi sekitar 50 persen dari total tempat duduk bus,” imbuhnya.

Dengan adanya layanan bus gratis ini, kata dia, masyarakat Kabupaten Bekasi diharapkan menjadi lebih aman dengan berdesak-desakan di stasiun maupun di dalam KRL.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *