Pengertian Tasamuh, Manfaat, Dalil, Serta Contohnya

Di kehidupan sehari-hari, banyak ditemukan nilai-nilai moral yang diterapkan oleh masyarakat. Untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif, sikap tasamuh atau toleransi sangat lah diperlukan.

Tasamuh sangat penting untuk diterapkan di kehidupan sehari-hari. Untuk mengetahui lebih jelas tentang tasamuh, telah merangkum pengertian tasamuh, manfaat serta dalilnya dari Dream.co.id . Berikut ulasan lengkapnya.

1 dari 6 halaman

Pengertian Tasamuh

Tasamuh berasal dari bahasa Arab yang artinya toleransi. Toleransi dapat berarti tenggang rasa, bermurah hati dan lapang dada.

Menurut istilah, tasamuh adalah saling menghormati dan menghargai antar manusia dengan manusia lainnya. Dapat disimpulkan, tasamuh ialah akhlak terpuji dalam pergaulan di mana ada rasa saling menghormati dan menghargai antara satu dengan lainnya tetapi masih dalam batas-batas yang digariskan oleh ajaran agama Islam.

2 dari 6 halaman

Sikap Tasamuh

untuk kulit kuning langsat

©2014 Haute Hijab

Manusia adalah makhluk sosial. Sebagai makhluk sosial, manusia tak dapat hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Sikap tasamuh sangat penting diterapkan untuk menciptakan rasa saling menghargai dan menghormati antar sesama.

Dalam kehidupan bermasyarakat, pertentangan atau perbedaan adalah hal yang wajar, mengingat setiap manusia memiliki sifat dan pandangan yang berbeda-beda. Perbedaan tersebut jika tak ditanggulangi dengan sikap tasamuh, maka dapat menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Oleh sebab itu, penerapan sikap tasamuh adalah kunci untuk menghindari pertentangan besar di kemudian hari. Dengan menerapkan sikap tasamuh, seseorang akan dapat menyelesaikan permasalahan dengan tenang dan kepala dingin.

3 dari 6 halaman

Hadist Rasulullah SAW

Sebuah hadist Rasulullah SAW telah menjelaskan tentang fungsi tasamuh.  Rasulullah SAW bersabda:

“Siapa yang membantu menghilangkan kesulitan orang mukmin satu kesulitan di dunia, niscaya Allah akan menghilangkan kesulitan dia dari kesulitan pada hari kiamat. Dan barangsiapa yang memberikan kemudahan kepada orang yang menghadapi kesulitan, Allah akan memberikan kemudahan kepadanya di dunia dan di akhirat.” (HR Muslim).

Hadist tersebut menjelaskan bahwa tasamuh pada dasarnya hikmahnya akan kembali kepada diri sendiri. Jika ingin menghilangkan kesulitan kita, maka bantulah orang lain yang sedang mengalami kesulitan.

Dengan memudahkan urusan orang lain, maka Allah SWT akan mempermudah urusan kita juga di dunia dan di akhirat. Wallohu A’lam.

4 dari 6 halaman

Manfaat Tasamuh

untuk kulit gelap

© Turbanista.com

Terdapat beberapa manfaat tasamuh, di antaranya sebagai berikut:

1. Mempererat persatuan dan kesatuan antar sesama manusia.

2. Mempermudah urusan dalam kehidupan bermasyarakat.

3. Mengembangkan sikap menghargai dan menghormati serta tenggang rasa terhadap sesama manusia.

4. Menjaga norma-norma agama, sosial dan adat istiadat.

5. Menjaga dan menghormati hak dan kewajiban orang lain.

6. Menumbuhkan sikap bertanggungjawab terhadap lingkungan masyarakat.

5 dari 6 halaman

Dalil Tentang Tasamuh

Terdapat dalil-dali Al quran dan Al Hadits tentang anjuran untuk bersikap tasamuh.

Al-Quran Surat Al-Hujurat ayat 10

Artinya:

“Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah antara kedua sadaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat.”

Al-Quran Surat Al-Maidah ayat 8

Artinya:

“Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan kebenaran karena Allah, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

Hadist dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW pernah bersabda:

“Jauhilah prasangka buruk, karena prasangka buruk adalah ucapan yang paling dusta. Dan janganlah kalian saling mendiamkan, janganlah suka mencari-cari kesalahan, saling mendengki, saling membelakangi, serta saling membenci. Dan jadilah kalian hamba-hamba Allah yang saling bersaudara.” (HR Bukhari).

6 dari 6 halaman

Contoh Tasamuh dalam Kehidupan Sehari-hari

Terdapat beberapa contoh tasamuh dalam kehidupan sehari-hari seperti mengormati ibadah pemeluk agama lain, memberikan kebebasan kepada orang lain untuk memeluk keyakinan sendiri, menerima perbedaan pendapat dalam musyawarah, tidak membenci dan menyakiti orang lain yang berbeda keyakinan dan tidak melakukan diskriminasi pada orang lain.

Setelah mengetahui tentang tasamuh, pembaca diharapkan dapat menerapkan tasamuh atau toleransi di dalam kehidupan sehari-hari agar selalu tercipta situasi yang aman dan kondusif.

[add]

Berita terkait: