Pengamat: Munculnya Bupati Thoriq layak maju Pilkada Jatim mengejutkan

Surabaya – Pengamat politik asal Universitas Trunojoyo Madura Surokim Abdussalam menilai munculnya nama Bupati Lumajang Thoriqul Haq sebagai salah seorang yang dianggap layak bertarung di bursa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jatim cukup mengejutkan.

“Munculnya nama Thoriqul Haq memang luar biasa dan merupakan kejutan,” ujarnya kepada wartawan usai pemaparan hasil survei SSC bertajuk “Gelagat Politik Milenial” Jatim di Surabaya, Senin.

Rokim, sapaan akrabnya, menjelaskan bahwa dalam survei top of mind milenial untuk calon wakil gubernur, Thoriqul Haq meraih dua persen dan angka tersebut sudah dinilai sangat mengejutkan.

Baca juga: Ketika para Gus jadi kepala daerah di Jatim

“Meski Pilkada jauh karena masih dua tahun lagi, tapi harus diwaspadai bagi mereka yang mengincar posisi ini. Kemunculan Bupati Thoriq luar biasa,” ucapnya.

Sedangkan, terkait hasil survei elektabilitas, nama Wakil Gubernur Jawa Timur saat ini, Emil Elestianto Dardak mendominasi dengan raihan 18,4 persen, disusul Puti Guntur Soekarno dengan 6,8 persen, lalu mantan Wagub dan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat dengan 4,2 persen.

“Nama-nama lain seperti mantan Bupati Banyuwangi Azwar Anas, Ketua DPRD Jatim Kusnadi, Bupati Thoriqul Haq, dan mantan Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana perolehannya tidak sampai tiga persen,” kata pria yang juga Dekan FISIB Universitas Trunojoyo tersebut.

Baca juga: PDIP Jatim bangga 11 kader dilantik sebagai kepala daerah

Hasil penelitian yang dilakukan oleh SSC ini dilaksanakan pada 5 Maret 2021 hingga 25 Maret 2021 di 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur.

Sebanyak 1.070 responden dipilih dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih tiga persen, dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Penentuan responden dari kalangan milenial dalam setiap kepala keluarga dilakukan dengan bantuan kish grid .

Baca juga: Pemerhati politik soroti PKB minim menang pilkada serentak di Jatim

Berita terkait: