Penelitian Terbaru Sebut Ibu Hamil Sama Sekali Tak Boleh Konsumsi Kopi

Terdapat sejumlah pantangan bagi makanan dan minuman yang dikonsumsi ibu hamil. Hal ini bertujuan untuk menurunkan risiko masalah kesehatan baik bagi ibu hamil maupun janin yang dikandung.

Penelitian terbaru mengungkap bahwa terdapat satu lagi minuman yang pantang dikonsumsi oleh ibu hamil. Dilansir dari Medical Xpress, wania yang hamil atau berusaha hamil disarankan sebisa mungkin untuk menghindari konsumsi kopi.

Berdasar penelitian tersebut, diketahui bahwa konsumsi kopi pada saat kehamilan bisa berdampak buruk pada kondisi mereka. Bahkan tidak ada jumlah aman konsumsi kopi untuk ibu hamil atau dengan kata lain konsumsinya harus dihindari sepenuhnya. Hasil temuan ini telah dipublikasikan pada BMJ Evidence Based Medicine.

Sebelumnya, berbagai panduan menyebut bahwa ibu hamil masih tetap boleh mengonsumsi kopi hanya saja dalam jumlah kecil. Namun hasil temuan terbaru ini mengungkap bahwa kopi sama sekali tak boleh dikonsumsi ibu hamil.

Penelitian ini melihat bukti dari dampak kafein terhadap kehamilan. Terdapat rangkaian penelitian yang dilakukan untuk mendapat hasil temuan ini.

1 dari 1 halaman

Terdapat 42 temuan terpisah yang diperoleh dari 37 penelitian observasional. Daro sejumlah hal tersebut, diketahui bahwa 32 hasil temuan menemukan bahwa kafein bisa meningkatkan risiko buruk terhadap kehamilan secara signifikan.

Risiko yang berhubungan dengan kafein imi diperoleh baik dalam konsumsi sedikit mauaun tinggi. Sejumlah dampak buruk dalam kehamilan juga meningkat seiring konsumsi kopi kecuali kelahiran prematur.

Karena penelitian ini bersifat observasional, tidak ditemui sebab-akibat dari kedua hal ini. Dampak buruk ini bisa saja muncul dari berbagai hal lain seperti merokok saat kehamilan atau hal lainnya.

Peneliti dari temuan ini, Professor Jack James, dari Reykjavik University, Islandia menyimpulkan bahwa terdapat bukti kumulatif substansial antara konsumsi kafein saat hamil serta masalah pada kehamilan. Secara spesifik hal ini termasuk keguguran, kematian bayi ketika lahir, berat badan rendah sat lahir, atau masalah leukimia akut di usia anak-anak serta obesitas dan kelebihan berat badan pada usia anak-anak.

Oleh karena itu, dia menyarankan agar ibu hamil menghindari konsumsi kafein secara sepenuhnya. Hal ini sangat penting terutama bagi kesehatan pada saat kehamilan. [RWP]

Baca juga:
Konsumsi Minuman Ringan di Usia Remaja Bisa Sebabkan Perilaku Agresif di Masa Datang
Menguatkan Kondisi Fisik Manula Bisa Bantu Meningkatkan Kondisi Otak
Trauma Masa Kanak-Kanak Bisa Timbulkan Ancaman Kematian pada Masa Dewasa Awal
Memasang Eskpresi Tersenyum Bisa Tuntun Otak Menjadi Lebih Positif
Konsumsi Cokelat 1 Hingga 3 Kali Seminggu Bisa Beri Manfaat bagi Jantung

Berita terkait: