Pemulihan sektor properti tergantung keberhasilan penanganan pandemi

Pemulihan properti memerlukan waktu yang tidak sebentar.. titik terbawahnya kemungkinan pada tahun ini Jakarta – Senior Associate Director Colliers Indonesia (konsultan properti) Ferry Salanto mengemukakan bahwa pemulihan sektor properti nasional tergantung pada seberapa lama keberhasilan penanganan pandemi COVID-19.

“Pemulihan properti memerlukan waktu yang tidak sebentar.. titik terbawahnya kemungkinan pada tahun ini,” kata Ferry Salanto di Jakarta, Rabu.

Menurut Ferry Salanto, pihaknya tidak bisa terlalu optimistis bahwa sektor properti akan pulih dengan cepat. Hal itu, ujar dia, sangat tergantung apakah langkah penanganan COVID-19 ini dapat diselesaikan segera.

“Bila (penanganan COVID-19 dan perekonomian nasional) dapat pulih dengan cepat, sektor properti pasti akan mengikuti,” katanya.

Di sektor perkantoran, ucap Ferry, dengan masih melambatnya aktivitas perekonomian maka co-working space diperkirakan bakal bisa menjadi alternatif.

Sedangkan terkait dengan pola WFH atau bekerja dari rumah, menurut dia, hal tersebut dinilai bakal membuat beberapa perusahaan akan berpikir untuk mengurangi ruang sewanya sehingga menambah tingkat ruang kosong perkantoran.

Untuk apartemen, Ferry mengungkapkan bahwa ada beberapa proyek apartemen yang dalam status on hold atau dihentikan sementara baik proses pembangunan maupun penjualannya.

Apalagi, ia mengingatkan bahwa beberapa waktu mendatang masyarakat sudah dihadapi dengan Lebaran sehingga aktivitas pembelian properti juga bukan menjadi prioritas.

Baca juga: Pengembang properti diminta bantu pemulihan ekonomi nasional
Baca juga: Pemulihan kinerja properti pusat perbelanjaan Jakarta mulai 2021
Baca juga: Industri properti diyakini jadi penggerak pemulihan ekonomi

Berita terkait: