Pemprov Sumut Prioritaskan Vaksinasi Covid-19 untuk Tenaga Kesehatan

Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Utara (Sumut), Alwi Mujahit Hasibuan mengatakan, tenaga kesehatan dan anggota satuan tugas (Satgas) Covid-19 , petugas pemerintahan bagian pelayanan umum, diprioritaskan untuk mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 .

“Proses vaksinasi juga diprioritaskan di kawasan yang paling banyak jumlah kasus penularan Covid-19. Termasuk orang-orang yang melakukan kontak erat dengan pasien positif berdasarkan pemeriksaan dengan metode polymerase chain reaction (PCR), juga akan divaksin,” ujar Alwi, Minggu (18/10/2020).

BACA JUGA

Kepala Daerah di Sumut Diminta Siapkan Mitigasi Bencana

Alwi mengatakan, total kebutuhan vaksin sesuai jumlah penduduk di Sumut, untuk pemberian vaksinasi sebanyak 14,8 juta vaksin. Namun, Pemprov Sumut sudah menyiapkan langkah prioritas untuk melakukan vaksinasi sesuai jumlah vaksin.

“Langkah yang dipersiapkan sesuai dengan vaksin yang disalurkan pusat. Untuk prioritas pertama yang akan diberikan vaksin itu adalah tenaga kesehatan. Ini diprioritaskan karena nakes berada di garda terdepan saat menangani pasien yang dirawat di rumah sakit akibat terpapar virus corona ,” katanya.

Jumlah tenaga kesehatan di Sumut mencapai 40.197 jiwa. Jumlah ini dengan perincian dokter sebanyak 4.792 orang, perawat 17.402 orang, bidan sebanyak 17.528 orang dan farmasi berjumlah 1.195 orang.

BACA JUGA

50 Tenaga Kesehatan di RSUD Madina Terpapar Covid-19

Selama pandemi Covid-19, jumlah nakes yang terpapar virus corona di Sumut, lebih dari 600 orang. Berdasarkan kasus tersebut, sebanyak 20 orang dokter dilaporkan meninggal dunia akibat terpapar. Sehingga, vaksinasi terhadap nakes diprioritaskan.

Selain tenaga kesehatan, Pemprov Sumut juga memprioritaskan Satuan tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, yang meliputi anggota TNI, Polri maupun lainnya, supaya turut diberikan suntikan vaksin tersebut.

“Tergantung dari jumlah vaksin yang disalurkan pemerintah pusat. Jika vaksin dikirim sesuai jumlah penduduk di daerah ini, maka penanganannya tentunya lebih baik lagi. Intinya, Sumut mengikuti petunjuk dari pusat,” jelasnya.

BACA JUGA

Angka Kesembuhan Pasien Covid-19 di Sumut Meningkat

Ditambahkan, Pemprov Sumut juga mengutamakan memberikan vaksin terhadap aparatur sipil negara (ASN) yang bertugas di bagian pelayanan umum terhadap masyarakat. Sehingga, pelayanan pemerintahan terus berjalan lancar.

“Skenario pemberian vaksin yang melibatkan petugas dari dinas kesehatan dan pusat kesehatan masyarakat ini pun tentunya dipersiapkan secara matang, yang tetap berkoorsinasi dengan Satgas Penanganan Covid-19,” sebutnya.

Berita terkait: