Pemprov Sumut Masif Sosialisasi Protokol Kesehatan

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumatera Utara (Sumut), Aris Yudharianshah mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut melibatkan TNI/Polri supaya masyarakat disiplin dalan menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

“Sebenarnya di dalam GTPP Covid-19 Sumut maupun kabupaten dan kota, TNI/Polri itu dilibatkan dalam membantu penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19. Upaya sosialisasi ini pun masih gencar dilakukan,” ujar Aris Yudhariansyah kepada , Jumat (24/7/2020).

Aris mengatakan, melonjaknya pasien positif Covid-19 bukan karena pemerintah maupun aparat tidak maksimal melakukan sosialisasi atas ancaman bahaya virus corona di tengah masyarakat. Penyebaran virus corona masih terus berlangsung karena masyarakat belum juga mengubah kebiasaan di tengah pandemi.

“Upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini tidak akan dapat diterapkan selama kesadaran masyarakat kita masih rendah. Masyarakat masih sepele menerapkan protokol kesehatan meski sudah mengetahui banyak korban yang berjatuhan akibat serangan virus corona ,” katanya.

Aris meyakini, upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona dapat diatasi bila masyarakat memiliki kesadaran tinggi, mengubah perilaku dan budaya untuk menerapkan protokol kesehatan dalam mengatasi pandemi Covid-19.

“Sebenarnya tidak sulit untuk menerapkan protokol kesehatan ini. Masyarakat hanya menggunakan masker di luar rumah, rajin mencuci tangan menggunakan sabun, mengambil jarak, tidak kerumunan, meningkatkan imun tubuh dan menjaga kebersihan,” sebutnya.

Berita terkait: