Pemprov Sultra-PWI tindak lanjut penetapan tuan rumah HPN 2022

Kendari – Setelah ditetapkannya Provinsi Sulawesi Tenggara sebagai tuan rumah Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2022, pemerintah provinsi tersebut menindaklanjuti dengan melakukan pertemuan bersama pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, di Kantor PWI Pusat, Rabu.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sultra Drs Asrun Lio, MHum PhD mewakili gubernur, bersama Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sultra Ridwan Badallah, Ketua PWI Sultra Sarjono dan Sekretaris PWI Sultra Mahdar Tayyong bertemu pengurus PWI Pusat di Jakarta.

Mereka diterima Sekretaris Jenderal PWI Pusat Mirza Zulhadi dan Ketua Bidang Organisasi PWI Pusat Zulkfili Gani Ottoh.

Baca juga: Sulawesi Tenggara tuan rumah rangkaian peringatan HPN 2022

Baca juga: Hari Pers Nasional 2021, Menag ajak media jernihkan informasi

Pada kesempatan tersebut, Asrun Lio menyampaikan bahwa Sultra tetap siap menjadi tuan rumah HPN, 9 Februari 2022 yang dipusatkan di Kendari. Untuk itu, dia berharap agar pengurus PWI Pusat membuat Surat Keputusan (SK) yang baru tentang penunjukan atau penetapan Sultra sebagai tuan rumah HPN tahun depan.

“SK tersebut sebagai payung hukum bagi Pemerintah Provinsi Sultra mengalokasikan anggaran pada APBD Perubahan tahun 2021 karena tahapan dan persiapan HPN sudah dilakukan tahun ini mengingat HPN 2022 dilaksanakan pada awal tahun,” kata Asrun.

Menanggapi hal itu, Sekjen PWI Pusat Mirza Zulhadi menyatakan, pihaknya siap mengeluarkan SK HPN 2022 kepada Sultra.

SK tersebut sebagai pembaharuan SK sebelumnya yang diterima Gubernur Sultra Ali Mazi SH di Banjarmasin, Kalimantan Selatan dengan menetapkan Sultra sebagai tuan rumah HPN 2021. Akibat pandemi COVID-19, HPN 2021 dipindahkan ke Jakarta dan diikuti secara virtual oleh pengurus PWI dan wartawan se-Indonesia.

“Kami segera melakukan rapat pengurus untuk membahas lebih lanjut lagi mengenai persiapan pelaksanaan HPN di Sultra,” kata Mirza.

Setelah pertemuan tersebut, ia mengatakan akan secara intens melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Sultra dan pengurus PWI Sultra supaya persiapan benar-benar maksimal sehingga dapat berjalan lancar dan sukses.

Pada pertemuan tersebut juga mengemuka, PWI dan Pemprov Sultra mengharapkan Presiden RI Joko Widodo hadir pada puncak HPN, 9 Februari 2022.

Kehadiran Presiden sekaligus akan meresmikan sejumlah proyek pembangunan besar yang saat ini sedang berjalan seperti Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah, Perpustakaan bertaraf Internasional, Bendungan Ladongi di Kolaka Timur, pembangunan proyek Jalan Wisata Kendari- Oronipa dan lain-lain.

Baca juga: Ali Mazi: HPN 2021 momentum peran serta pers di masa pandemi

Baca juga: Ketua KPK: Pers berperan mencerdaskan kehidupan bangsa

Berita terkait: