Pemprov Bengkulu Diminta Tindak Tegas Pelanggar Protokol Kesehatan

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu , diminta tegas terhadap warga yang melanggar protokol kesehatan saat berada di luar rumah sebagai upaya menekan kasus positif virus corona atau Covid-19 di daerah ini.

“Tanpa ada tindakan tegas dari pemerintah setempat, maka masih banyak warga yang mengabaikan protokol kesehatan ketika berada di luar rumah, seperti tidak memakai masker dan tidak menjaga jarak saat berinteraksi dengan seseorang. Ini sangat berbahaya dan rawan terkena virus corona ,” kata Yunus, salah seorang tokoh masyarakat, di Bengkulu, Minggu (26/7/2020).

Yunus mengatakan, Pemprov Bengkulu harus tegas kepada warga yang meremehkan protokol kesehatan saat berada di luar rumah. Pasalnya, jika warga tidak mematuhi terhadap protokol kesehatan , maka penyebaran virus corona sulit dihentikan.

“Jadi, satu-satu jalan agar warga patuh terhadap protokol kesehatan , harus ada pemberian sanksi tegas kepada warga yang melanggar, berupa denda bernilai besar,” ujarnya.

Dengan adanya sanksi denda tersebut, maka warga diharapkan semakin disiplin memakai masker ketika keluar rumah, dan menjaga jarak saat berinteraksi dengan orang lain, tidak berkerumun di tempat keramian dan rajin mencuci tangan.

“Kita sarankan bagi warga tidak makai masker di luar rumah diberikan denda oleh pemda sebesar Rp 200.000 sekali pelanggaran,” ujar Yunus.

Berita terkait: