Pemkot Tangerang Akan Lanjutkan Vaksinasi Covid-19 di Bulan Ramadan

Pemerintah Kota Tangerang menegaskan akan tetap menjalankankan vaksinasi Covid-19 di bulan Ramadan. Hal itu, merujuk pada aturan Majelis Ulama Indonesia (MUI) melalui fatwa Nomor 13 tahun 2021 yang menyatakan, vaksinasi Covid-19 tidak membatalkan puasa dan boleh dilakukan bagi umat Islam yang sedang berpuasa.

“Kita akan tetap melanjutkan program vaksinasi covid-19 di bulan Ramadan. Namun untuk lokasinya, kami akan lebih dekatkan agar memudahkan para penerima vaksin. Begitu juga soal waktunya, yang tadinya sehari satu Puskesmas bisa 400 sasaran, saat Ramadan menjadi 100 sasaran per hari dimana kalau vaksinasi biasanya dari pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB. Sedangkan saat Ramadan, kita hanya akan melaksanakan hingga pukul 11.00 WIB,” ujar Kepala Dinas Kesehatan, dr Liza Puspadewi, saat ditemui di ruangannya, Kamis (8/4/21).

BACA JUGA

Pemkot Tangerang Izinkan Pedagang Takjil Berjualan Selama Ramadan

Ditambahkan Liza, program vaksinasi ini akan tetap memfokuskan pemberian vaksin bagi kaum lansia yang ada di Kota Tangerang. Di bulan Ramadan ini, para lansia akan menjalani vaksinasi kedua.

“Untuk fokusnya, kita akan memberikan vaksin kepada lansia dosis kedua, dengan target sasaran 45.000 lansia, dari 117.010 lansia di Kota Tangerang,” tambahnya.

Liza sendiri menyatakan, vaksinasi kategori lansia memang menjadi prioritas di Kota Tangerang. Lantaran berdasarkan data, angka kematian Covid-19 berdasarkan data per 4 April 2021 lalu, 75%-nya berusia 60 hingga 69 tahun.

BACA JUGA

Pemkot Tangerang Tak Tutup Masjid Selama Ramadan

“Makanya, vaksinasi lansia cukup kami prioritaskan. Jika dalam waktu dekat Pemkot Tangerang dapat jatah vaksin lagi, kembali kami prioritaskan untuk kategori lansia. Terlebih, momen lebaran orang tua menjadi tempat pulang para anak-anaknya. Hal inilah yang kami jaga dan antisipasi,” tandasnya.

Berita terkait: