Pemkot Medan: 18.700 dosis vaksin COVID-19 mulai diberikan Jumat

Medan – Pemkot Medan menyatakan sebanyak 18.700 dosis vaksin diterima dengan jadwal vaksinasi COVID-19 kepada seluruh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Medan sebagai peserta pertama yang mulai diberikan┬ápada Jumat (15/1).

“Untuk Kota Medan, jumlah vaksin yang diterima sebanyak 18.700 vial. Vaksinasi kita laksanakan mulai pukul 09.00 WIB. Semoga vaksinasi berjalan lancar, sehingga upaya kita memutus mata rantai penyebaran COVID-19 berhasil,” kata Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan, Akhyar Nasution saat menerima pengurus FKUB Kota Medan di Balai Kota Medan, Rabu.

Direncanakan Posko Satgas COVID-19 yang terletak di Gedung Dharma Wanita, Jalan Rotan Medan akan menjadi tempat pelaksanaan vaksin perdana tersebut.

Baca juga: Vaksinasi COVID-19 di Sumut dimulai dari Medan, Binjai dan Deliserdang

Baca juga: BPPT serahkan bantuan 1.000 Kit Reagen ke Rumkit Putri Hijau Medan

Kemungkinan yang akan mendapatkan vaksinasi pertama kali adalah Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman karena secara medis memenuhi syarat sebagai menerima vaksin dan merupakan orang belum pernah terpapar COVID-19.

“Sesuai persyaratan medis tersebut, saya tidak akan menerima vaksin. Sebab, saya pernah positif COVID-19 dan menjalani perawatan. Jadi istilah medis, saya ini disebut sebagai penyintas,” ungkap dia.

Ia melanjutkan, usai unsur Forkopimda Kota Medan mendapat vaksin, maka vaksinasi COVID-19 diberikan kepada seluruh tenaga kesehatan sesuai dengan pedoman dikeluarkan Kementerian Kesehatan.

“Insya Allah, vaksinasi untuk tenaga kesehatan akan dilaksanakan Senin (18/1) mendatang,” papar Akhyar.*

Baca juga: Jumlah pasien terkonfirmasi COVID-19 di Sumut mendekati 19.000

Baca juga: Kodam I/BB tes cepat COVID-19 seluruh prajurit-PNS di 4 provinsi

Berita terkait: