Pemkot Bekasi Tetapkan Prioritas Penerima Vaksin Covid-19

Pemerintah Kota Bekasi mulai mendata masyarakat yang berhak menerima vaksin Covid-19 secara gratis.

Melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Bekasi terdata, sebanyak 358.857 jiwa yang akan menerima vaksin Covid-19 secara gratis. Jumlah tersebut, berdasarkan penerima bantuan sosial non-data terpadu kesejahteraan sosial (non-DTKS).

BACA JUGA

480.000 Warga Bekasi Akan Dapatkan Vaksinasi Covid-19 Gelombang Pertama

Sebelumnya, Pemkot Bekasi mengusulkan permintaan vaksin Covid-19 kepada pemerintah pusat melalui Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) sebanyak 480.000 vaksin. Sisanya, sebanyak 121.143 vaksin akan dialokasikan kepada warga yang juga menjadi prioritas mendapatkan vaksin Covid-19.

“Untuk sisanya, tetap ditujukan kepada kelompok masyarakat yang menjadi prioritas pemberian vaksin,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bekasi, Dezy Syukrawati, Minggu (18/10/2020).

Dezy menjelaskan, kelompok masyarakat yang menjadi prioritas pemerintah daerah adalah kelompok yang kerap berinteraksi dengan masyarakat luas seperti pelayanan masyarakat.

BACA JUGA

Serba Rp 2.000, Pasar Noceng Ringankan Beban Warga Bekasi

Berdasarkan Surat Edaran Pemkot Bekasi Nomor 440/6367/Setda.TU tentang Pelaksanaan Pemberian Vaksin Covid-19 dalam Penanggulangan Covid-19 di Kota Bekasi, terdapat beberapa kelompok masyarakat yang masuk kategori rentan sehingga menjadi prioritaskan untuk mendapatkan vaksin Covid-19 tahap pertama.

Misalkan tenaga medis, TNI, Polri, aparat hukum, tokoh agama/masyarakat, perangkat daerah, pengajar, aparatur sipil negara (ASN), anggota DPRD dan usia 19-59 tahun.

Berita terkait: