Pemerintah Terus Bersinergi dengan PSSI untuk Piala Dunia U-20

Menteri Pemuda dan Olahraga ( Menpora ) Zainudin Amali memastikan pemerintah terus bersinergi dengan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia ( PSSI ) untuk menyukseskan Piala Dunia U-20 2021.

Diketahui, Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) telah menunjuk sejumlah kementerian untuk menangani penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021.

Menpora ditunjuk sebagai Ketua Indonesia FIFA U-20 World Cup 2021 Organizing Committee (INAFOC). Sedangkan, pembangunan infrastruktur akan ditangani oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kempupera). PSSI bertanggung jawab atas persiapan dan prestasi tim nasional yang akan bertanding.

“Arahan Pak Presiden saat ratas, kita (menteri) sungguh-sungguh untuk mempersiapkan ini. Jadi sudah ada pemberian tugas PSSI di berikan tugas mempersiapkan Timnas, pemerintah tugasnya menangani penyelenggaraan,” jelas Menpora ketika menjadi narasumber di acara Indonesia Bicara di stasiun televisi nasional TVRI, Jumat (17/7/2020).

Dirinya menuturkan, terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 merupakan proses yang panjang.

“Semua ini berawal dari Menpora yang sebelumnya bersama PSSI ingin mengajukan diri jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Namun, kita bukan tanpa saingan. Ada juga negara-negara yang berminat menjadi tuan rumah. Saingan kita itu Brasil dan Peru yang secara tradisi sepak bolanya jauh dari kita,” ujarnya.

Terdapat beberapa poin penting yang berhasil meyakinkan FIFA untuk memilih Indonesia. Salah satunya adalah adanya jaminan pemerintah.

“Pak Presiden mengirim surat langsung kepada Presiden FIFA. Selain itu, ada juga garansi dari pemerintah beberapa menteri yang mengirim surat kepada FIFA dan itu yang membuat Indonesia akhirnya terpilih,” jelas Zainudin.

Menurut Zainudin, FIFA sedang fokus pada pembangunan sepak bola. Organisasi ini pun disebut sedang aktif memantau perkembangan sepak bola Tanah Air. Keseriusan Indonesia dalam membangun cabor ini menjadi pertimbangan lainnya ketika memilih Indonesia sebagai tuan rumah.

Baca juga:  Piala Dunia U-20 2021 Harus Sukses

Pada acara tersebut, Menpora Zainudin juga mengajak masyarakat untuk berolahraga guna meningkatkan daya tahan tubuh saat pandemi.

Kempora, lanjutnya, sudah memberikan sejumlah panduan untuk berolahraga di rumah. Di antaranya adalah panduan senam “Stay at Home” (SAH), “Workout at Home” (WAH) hingga senam untuk lansia (DUILAH).

“Panduan ini kita buat agar masyarakat kita di semua kalangan tetap bugar dengan berolahraga. Imunitas bisa terjaga kalau badan kita bugar,” tutup Menpora.

Berita terkait: