Pemerintah Imbau Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan Saat Rayakan Iduladha

Juru Bicara Presiden bidang Sosial Angkie Yudistia mengatakan perayaan Iduladha pada tahun ini berlangsung dalam suasana yang berbeda akibat pandemi Covid-19. Karena itu, pemerintah menghimbau masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan dalam melaksanakan ibadah Iduladha.

Menurutnya, dalam situasi seperti ini, justru lebih memberi makna lebih terhadap perayaan Iduladha yang dilandasi dengan semangat berkurban dan saling tolong menolong antar sesama.

“Pemerintah memastikan pelaksanaan ibadah Iduladha tahun ini bisa dilaksanakan secara khidmat di semua daerah, baik salat berjamaah maupun prosesi penyembelihan hewan kurban,” kata Angkie Yudistia dalam keterangannya, Jumat (31/7/2020).

“Bagi masyarakat yang akan mudik pada Iduladha tahun ini, agar tetap mematuhi protokol kesehatan guna menjaga kesehatan di antara sesama warga masyarakat, utamanya keluarga agar terhindar dari potensi penyebaran Covid-19,” ujar Angkie Yudistia.

Sebelum melakukan perjalanan, lanjut Angkie, masyarakat diimbau untuk melakukan tes kesehatan serta memastikan kondisi fisik dalam keadaan yang fit. “Jangan memaksakan untuk mudik, jika kondisi badan dalam keadaan yang kurang sehat. Warga juga harus menjamin ketersediaan masker, sarung tangan, dan hand sanitizer selama perjalanan,” terang Angkie Yudistia.

Sedangkan, untuk proses ibadah baik salat maupun penyembelihan hewan kurban, masyarakat diminta untuk menjalankan panduan pelaksanaan berupa surat edaran dari kementerian agama, fatwa MUI, hingga aturan-aturan yang disiapkan oleh pemerintah daerah masing-masing

Aturan-aturan ini bersifat saling melengkapi untuk memastikan keamanan masyarakat dalam beribadah serta tertib dalam menjalankan protokol kesehatan selama beribadah

“Selamat Idhuladha, 10 Dzulhijjah 1441 Hijriyah. Semoga ibadah kita tahun ini menjadi lebih khidmat dalam suasana pandemi, sehingga bisa memberi makna yang dalam tentang pengorbanan seperti dicontohkan Nabi Ibrahim AS kepada kita semua,” ucap Angkie Yudistia.

Berita terkait: