Pejabat Era Obama Jadi Penasihat Biden Soal Asia

– Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih Joe Biden telah memilih pejabat veteran pemerintahan Obama, Kurt Campbell, untuk menjadi pejabat seniornya soal kebijakan Asia. Pada Rabu (13/1), juru bicara transisi Biden mengatakan Campbell akan menentukan hubungan AS dengan Tiongkok.

Seperti dilaporkan Reuters, Campbell, diplomat tertinggi AS untuk Asia di bawah Presiden Demokrat Barack Obama dan Menteri Luar Negeri Hillary Clinton, dianggap sebagai arsitek dari strategi “poros ke Asia”.

Campbell merupakan penyeimbangan kembali sumber daya yang dibanggakan tetapi sejauh ini masih terbatas untuk wilayah tersebut.

“Saya dapat memastikan Kurt akan menjadi koordinator untuk Indo-Pasifik di NSC,” kata juru bicara transisi, mengacu pada Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih.

Sejak meninggalkan pemerintahan, Campbell telah menjalankan konsultasi Grup Asia dan menjadi penasihat kampanye Demokrat Biden. Pria berusia 63 tahun itu adalah salah satu pendiri dari lembaga kajian Center for a New American Security.

Campbell menguraikan pendekatannya ke Asia dalam buku The Pivot tahun 2016 yang menganjurkan penguatan aliansi yang ada dan membangun hubungan yang lebih dekat dengan negara-negara seperti India dan Indonesia dalam menghadapi kebangkitan Tiongkok.

Berita terkait: