Pegawai Terpapar Covid-19, Kantor Dinkes Pematang Siantar Ditutup Sementara

Kantor Dinas Kesehatan Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara (Sumut), terpaksa ditutup. Penutupan ini dilakukan karena 10 orang pegawai di sana dilaporkan terpapar Covid-19.

Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Siantar Daniel Siregar mengatakan, penutupan kantor dinas sudah dilakukan sejak 23 Juli 2020 kemarin. Pelayanan terpaksa dialihkan ke puskesmas.

“Setelah dinyatakan positif, gugus tugas bersama petugas kesehatan langsung melakukan testing, tracing dan treatment (3T) secara masif terhadap orang-orang yang melakukan kontak erat,” katanya.

Menurutnya, kondisi tenaga kesehatan yang sebelumnya terpapar virus corona itu dalam kondisi baik. Mereka yang terpapar masuk dalam kategori orang tanpa gejala dan masih menjalani perawatan medis.

“Kita masih menelusuri di mana mereka terpapar virus corona itu. Kemungkinan besar, penularan terjadi di kantor. Ini bisa terjadi karena faktor kelalaian dalam memakai alat pelindung diri,” katanya.

Kepala Dinas Keshatan Ronald Saragih menyampaikan, kejadian ini berawal dari salah seorang pegawai yang terpapar Covid-19. Kemudian, virus itu menular ke pegawai yang lain di kantor dinas tersebut.

“Untuk sementara kantor ditutup. Namun, pegawai tetap bekerja melaksanakan tugasnya dari rumah. Kita sudah mengajukan permohonan kepada Wali Kota Pematang Siantar untuk tidak menutup kantor secara keseluruhan,” sebutnya. 

Berita terkait: