Pandemi Covid-19, Tak Ada Perayaan Podium di Balapan F-1

Para pembalap Formula Satu (F-1) terpaksa harus melupakan perayaan di podium saat menang balapan. Karena perayaan tersebut bakal ditiadakan, terkait aturn baru yang harus diterapkan di era pandemi Covid-19 ini.
Demikian juga dengan parade pembalap sebelum balapan dimulai, juga ditiadakan. Namun untuk parade ini memang tak perlu dilakukan, sebab balapan F-1 di masa wabah Covid-19 tk dihadiri penonton.

Selain perayaan podium, tiga pembalap terbaik juga tak dihadirkan di atas panggung untuk mendengarkan lagu kebangsaan konstruktor, dan pembalap, demikian juga dengan penyerahan trofi.

“Prosedur podium tak bisa dilakukan, namun kami akan melakukan sesuatu di grid seusai balapan. Salah satu pilihan kami adalah membariskan kendaraan di lintasan, dan para pembalapnya berdiri di depan mobil,” kata managing direktur balapan Formula Satu, Ross Brawn, Sabtu (13/6).

“Kami tak bisa memberikan trofi di podium, karena aturan tak bisa memberi trofi dalam jarak dekat. Namun kami sudah menyiapkan rencana lain. Kami sedang melihat bagaimana kami menyajikannya di TV,” lanjut Ross Brawn.

Balapan mesin jet darat musim 2020 akan dimulai pada 5 Juli 2020 mendatang di Austria.

“Kami juga tak mungkin menempatkan 20 pembalap di atas truk untuk parade. Tapi kami berencana melakukan wawancara dengan setiap pembalap di garasi tim mereka masing-masing,” ujar Brawn.