Pandemi, 7.201 Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan Didorong Lebih Aktif

Kementerian Sosial (Kemsos) mencatat saat ini ada 7.201 Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) yang bertugas di seluruh Indonesia. Di tengah pandemi Covid-19 , mereka didorong lebih aktif dan peka terhadap sejumlah masalah.

“Mereka bertugas untuk membantu penyelenggaraan kesejahteraan sosial,” ujar Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial Kemsos, Edi Suharto, dalam keterangan tertulisnya Jumat (24/7/2020)

Dijelaskan Edi Suharto tugas TKSK ini membantu Kementerian Sosial, Dinas Sosial di tingkat provinsi dan kabupaten/kota dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial dengan fungsi koordinasi, fasilitasi, dan administrasi.

Baca juga:  Mensos: KKS Hanya Bisa Dipegang Sendiri oleh KPM

Menteri Sosial, Juliari Batubara minta kepada mereka untuk aktif membantu masalah sosial yang dihadapi masyarakat terdampak pandemi Covid-19.

Dikatakannya dengan kondisi perekonomian saat ini, pemutusan hubungan kerja (PHK) dapat menimbulkan masalah sosial baru. Untuk itu Juliari mendorong TKSK melakukan pemetaan dan melihat kembali apakah program sudah berjalan dan tepat sasaran.

“Keberadaan TKSK di lapangan banyak mempengaruhi kinerja pemerintah di daerah. Walaupun secara struktural TKSK tidak ada dalam struktur Kementerian Sosial, namun berperan penting selaras dalam program Kementerian Sosial. Khususnya dalam penyaluran program-program bantuan sosial dari Kementerian Sosial,” tandas Juliari.

Berita terkait: