Paku Alam X Terima Vaksin Covid Perdana di DIY

Wakil Gubernur DI Yogyakarta Sri Paduka Paku Alam X yang juga bertindak selaku ketua Satgas Covid-19 DIY, menjadi orang pertama yang menerima vaksin Sinovac.

Selain Paku Alam, dari daftar disampaikan Pemda DIY, ada pula 15 orang lainnya yang menerima penyuntikan Vaksin Sinovac perdana di DIY termasuk istri Paku Alam X, Gusti Kanjeng Bendara Raden Ayu Adipati Paku Alam.

Sedangkan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X hadir dalam kick off vaksinasi Corona di DIY, namun tidak mendapat vaksin.

Paku Alam tampak melengkapi diri dengan masker serta face shield , sesuai prosedur penyuntikan vaksin, Paku Alam X mendatangi meja pertama dan menunjukan informasi yang tertera di layar ponselnya kepada petugas di Bangsal Kepatihan, Kompleks Kantor Gubernur DIY, Kamis (14/1/2021).

BACA JUGA

Ini Alasan Sri Sultan Tidak Berlakukan Sanksi Warga Tolak Vaksin

Sebelum disuntikkan, vaksinator menunjukkan botol Vaksin Sinovac yang hendak diberikan kepada KGPAA Paku Alam X.

Sama seperti sasaran vaksin lainnya, KGPAA Paku Alam X juga diminta untuk duduk di tempat evaluasi, untuk melihat reaksi yang ditimbulkan setelah vaksinasi.

Kepala Dinas Kesehatan DIY Pembayun Setyaningastutie mengungkapkan, seluruh tokoh penerima vaksin Covid-19 tersebut telah diverifikasi dan memenuhi kriteria yang ditetapkan, yakni berusia 18-59 tahun, berada dalam kondisi sehat, tidak memiliki riwayat penyaki komorbid, dan tidak dalam kondisi hamil atau menyusui.

Sebelum divaksin, para peserta harus melalui empat meja sebagai prosedur penerimaan vaksin. Meja pertama disiapkan untuk melakukan pendaftaran dan verifikasi data peserta.

Meja kedua disiapkan untuk melakukan anamnesa guna melihat kondisi kesehatan dan mengidentifikasi kondisi penyerta atau komorbid peserta. Juga melakukan pemeriksaan fisik sederhana. Sedangkan di meja terakhir adalah pencatatan.

Penyuntikan dilakukan oleh tim medis dari RSUP dr Sardjito diketuai oleh Kepala Ambulans dan Bencana Unit Gawat Darurat RSUP dr Sardjito Edi Sukoco.

BACA JUGA

Ini Tokoh di Jateng yang Disuntik Vaksin Covid-19

“Kebetulan saya dapat arahan dari pimpinan melakukan vaksinasi kepada pejabat di DIY,” terangnya

Sebagai vaksinator, Edi hanya mengikuti pelatihan secara daring terkait tata cara pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

“Persiapan kita cuma jaga kondisi karena rata-rata teman-teman sudah mengikuti latihan dengan vaksin. Meskipun secara webinar tapi itu sangat membantu sekali saat vaksinasi kali ini,” terangnya.

Secara umum, penyuntikan vaksin Covid-19 sama dengan pemberian vaksin jenis lain. Cairan disuntikkan di lengan kiri bagian atas atau leptoid., sejalan dengan rekomendasi organisasi kesehatan dunia WHO.

Berita terkait: