Pahami Tujuan Pembuatan Laporan Prakerin Beserta Manfaat dan Kewajiban Siswa

Tujuan pembuatan laporan prakerin (Praktik Kerja Industri) memang harus dipahami terlebih dahulu sebelum membuatnya. Bagi yang belum tahu, prakerin merupakan kegiatan pelatihan, pendidikan dan pembelajaran yang dilaksanakan di dunia industri maupun dunia usaha. Tentu saja yang yang sesuai dengan kompetensi siswa di bidangnya.

Biasanya prakerin membutuhkan waktu hingga berbulan-bulan. Tak heran, banyak dari pelajar yang sering kali mengeluh. Sebab, mereka harus bekerja tanpa digaji untuk bisa membuat prakerin ini. Sayang, prakerin ini sangat penting untuk dilakukan. Sebelum membuat prakerin, ada baiknya kalian mengenal tujuan pembuatan laporan prakerin dulu.

Melansir dari Liputan6.com, Kamis (8/10/2020), simak ulasan informasinya berikut ini.

Tujuan Pembuatan Laporan Prakerin

Adapun beberapa tujuan pembuatan laporan prakerin sebagai berikut:

1. Tujuan pembuatan laporan prakerin yang pertama adalah diharapkan mampu mengimplementasikan materi yang didapat di sekolah. Sehingga materi tersebut dapat diterapkan di area kerja dengan baik.

2. Tujuan pembuatan laporan prakerin yang kedua yakni mampu melatih siswa dalam berkomunikasi dan berinteraksi secara profesional di dunia kerja. Sehingga nantinya para siswa tidak canggung dan takut lagi untuk berkomunikasi secara profesional.

3. Tujuan pembuatan laporan prakerin yang ketiga adalah dapat mengembangkan dan menambah ilmu pengetahuan dasar yang dimiliki oleh para siswa. Tentu saja materi yang sesuai dengan bidang yang mereka ambil.

menggunakan media laptop

© mentalfloss.com

4. Tujuan pembuatan laporan prakerin yang keempat yaitu mampu menjalin kerjasama yang baik antara sekolah dengan dunia usaha atau dunia industri.

5. Tujuan pembuatan laporan prakerin yang kelima yakni mampu membentuk pola pikir yang konstruktif bagi siswa prakerin. Diharapkan nantinya mereka dapat melihat peluang yang terbuka lebar di masa depan.

6. Tujuan pembuatan laporan prakerin yang keenam yaitu dapat membentuk rasa etos kerja bagi para siswa prakerin. Agar ke depannya para siswa mampu menjadi sosok lulusan yang berkualitas.

7. Tujuan pembuatan laporan prakerin yang ketujuh adalah mampu menambah jenis keterampilan yang dimiliki oleh para siswa. Agar nantinya mampu diimplementasikan dan dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari.

Manfaat Prakerin Bagi Siswa

Tak hanya tujuan, laporan prakerin (Praktik Kerja Industri) juga bermanfaat bagi para siswa-siswi. Berikut 10 manfaat besar prakerin bagi siswa dan siswi yang menjalani.

1. Mengasah keterampilan yang diberikan oleh Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

2. Membentuk pola pikir para siswa untuk lebih terkonstruktif dengan baik. Mampu memberikan pengalaman dalam dunia kerja ataupun dunia industri.

3. Mengenalkan para siswa pada pekerjaan lapangan di dunia industri serta dunia usaha. Sehingga pada saatnya mereka mampu beradaptasi dengan cepat di lapangan pekerjaan yang sesungguhnya.

4. Sebagai bentuk pengakuan serta penghargaan jika pengalaman kerja merupakan bagian dari proses pendidikan.

5. Memberikan keuntungan pada pihak sekolah serta siswa itu sendiri. Terutama pada keahlian yang tidak sempat dipelajari di sekolah nantinya bisa mereka dapatkan di dunia usaha atau dunia industri.

6. Mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan di era teknologi informasi dan komunikasi saat ini.

7. Meningkatkan efisiensi waktu serta tenaga. Khususnya dalam melatih dan mendidik tenaga kerja yang berkualitas.

8. Menjalin kerjasama yang baik antara sekolah dengan perusahaan terkait. Baik dalam dunia usaha ataupun dunia industri.

9. Menghasilkan sumber daya manusia yang mempunyai keahlian profesional. Dengan pengetahuan, keterampilan dan etos kerja yang sesuai dengan perkembangan zaman.

10. Menambah pengetahuan, keterampilan, gagasan-gagasan seputar dunia industri dan dunia usaha yang handal sekaligus profesional.

Kewajiban Siswa di Tempat Kerja Prakerin

Setelah mengetahui tujuan pembuatan laporan dan manfaat prakerin, para siswa juga harus memahami kewajibannya di tempat kerja. terdapat beberapa prosedur yang ditetapkan oleh lembaga baik di dunia usaha maupun industri yang harus diikuti oleh para siswa prakerin.

aktivitas buruh pabrik di china di tengah wabah corona

©2020 AFP PHOTO/NOEL CELIS

Perlu di garis bawahi, prosedur di setiap lembaga tentu saja berbeda-beda. Hal ini tergantung pada kondisi dunia industri ataupun usaha masing-masing itu sendiri. Meski begitu, ada beberapa kewajiban yang harus diikuti oleh siswa prakerin sebagai berikut.

1. Mematuhi segala instruksi di tempat kerja prakerin.

2. Melakukan penelitian dan observasi dengan tujuan yang positif.

3. Melaksanakan tugas pokok serta fungsi yang sudah disepakati.

4. Melaksanakan K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja).

5. Menjaga nama baik lembaga pendidikan (Almamater) beserta dunia usaha atau industri yang dituju.

6. Bertanya pada pihak yang berkompeten jika dirasa kurang mengerti atau paham dengan pekerjaannya.

[tan]

Baca Selanjutnya: Tujuan Pembuatan Laporan Prakerin…

Halaman

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4

Berita terkait: