Otak Bisa Dilatih untuk Mencegah Terjadinya Mabuk Perjalanan

Mabuk perjalanan merupakan sebuah masalah menyebalkan yang bisa dialami oleh banyak orang. Kondisi ini menyebabkan rasa tak nyaman, pusing, bahkan mual ketika kita sedang berada di atas kendaraan.

Selama ini, hal ini biasa diatasi dengan mengonsumsi obat anti mabuk perjalanan atau menggunakan wangi-wangian. Penelitian terbaru membuktikan bahwa otak ternyata dapat dilatih untuk mengatasi masalah mabuk perjalanan ini.

Dilansir dari Medical Xpress, diketahui bahwa latihan olahraga visuospasial bisa membantu mengatasi masalah ini. Berdasar percobaan, penelitian yang dilakukan di University of Warwick ini bisa menurunkan risiko mabuk perjalanan hingga lebih dari 50 persen.

Partisipan penelitian ini mencoba alat bernama WMG 3xD simulator. Kondisi simulasi yang muncul ini serupa dengan ketika mereka menjadi penumpang kendaraan terutama kendaraan tanpa pengemudi.

Pada awalnya mereka mengalami kondisi mabuk kendaraan berdasar pengukuran tertentu. Setelah percobaan pertama ini, partisipan melakukan tugas latihan visuospasial sekali sehari selama dua minggu.

Setelah dua minggu terlalui, partisipan kembali melakukan percobaan awal dan diukur kembali kondisi mabuk kendaraan ini. Diketahui bahwa pada saat melakukan simulasi di kendaraan, mabuk perjalanan turun menjadi 51 persen sedangkan pada percobaan di jalanan, hal ini turun hingga 58 persen.

Dr. Joseph Smyth, dari WMG, University of Warwick, mengatakan bahwa hal ini sangat penting bagi masa depan. Terutama ketika semakin banyak orang yang akan naik kendaraan terutama yang tanpapengemudi.

Selama ini, mabuk perjalanan walau merupakan sebuah hal yang banyak dialami namun tidak banyak penelitian yang membahas dampaknya. Hasil temuan ini dianggap sebagai sebuah hal yang penting dan akan dikembangkan lebih lanjut.

“Sangat mungkin bahwa metode ini bisa digunakan dalam hal lain seperti mabuk laut pada staf pelayaran atau penumpang,” terang dr. Smyth.

“Kami juga sangat tertarik untuk menerapkan temuan ini pada penggunaan di Virtual Reality,” tandasnya. [RWP]

Baca juga:
Olahraga Terbukti Bisa Bantu Seseorang Pulih Lebih Cepat dari Stres
Olahraga Bisa Bantu Tingkatkan Fungsi Otak dan Buat Orang jadi Pintar
Kebiasaan Anak Bermain di Depan Layar Bisa Perburuk Kondisi Mental
Konsumsi Junkfood dan Makanan Olahan Bisa Buat Seseorang Lebih Cepat Menua
Tidur Siang Terlalu Lama Bisa Tingkatkan Risiko Kematian dan Serangan Jantung
Peneliti Temukan Perbedaan Ritme Sirkadian Antara Pria dan Wanita

Baca Selanjutnya: Setelah dua minggu terlalui partisipan…

Halaman

  • 1
  • 2