Operasi Zebra Jaya, Polisi Tiadakan Tindakan Tilang

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya meniadakan tindakan tilang dalam pelaksanaan Operasi Zebra Jaya 2020, di Jakarta dan sekitarnya. Polisi lebih mengedapankan sisi preemtif dan preventif berupa edukasi serta teguran bagi pengendara di jalan.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo mengatakan, kegiatan Operasi Zebra Jaya 2020 berbeda dengan operasi pada tahun sebelumnya karena dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19. Seluruh kegiatan sifatnya memberikan edukasi dan simpatik kepada masyarakat pengguna jalan, tanpa adanya penilangan atau penegakkan hukum. “Sesuai perintah pimpinan, maka penindakan dengan tilang pada Operasi Zebra Jaya 2020 ditiadakan. Jadi seluruhnya kegiatan Operasi Zebra Jaya ini sifatnya adalah edekuasi, persuasi dan memberikan kegiatan-kegiatan simpatik kepada masyarakat berupa pembagian masker, pembagian sembako dan lainnya,” ujar Sambodo, di Jakarta, Jumat (30/10/2020).

Dikatakan Sambodo, peniadaan tindakan tilang kepada pelanggar telah dilakukan sejak hari kedua Operasi Zebra Jaya 2020. Polisi kemudian hanya melakukan teguran dan edukasi kepada pelanggar. “Karena tidak ada penilangan selama Operasi Zebra. Ada dua hal yang kita lakukan pertama kita melakukan upaya preventif, kemudian kedua upaya teguran,” ungkapnya.

BACA JUGA

Polda Metro: Operasi Zebra Utamakan Tindakan Preemtif dan Preventif

Sambodo menyampaikan, upaya preventif contohnya, ketika ada larangan sepeda motor melintas di Jalan Layang Non-Tol, maka petugas ditempatkan di ujung pintu masuk untuk mencegah pengendara sepeda motor melintas. “Menempatkan anggota di ujung pintu masuknya, jadi bukan diakhir. Kalau diakhir itu kan kita penindakan. Tapi dalam Operasi Zebra ini, kita tempatkan di ujung, jadi melarang, mencegah, supaya sepeda motor tidak naik ke atas. Kalau pun misalnya tetap ditemukan ada pelanggaran, maka kami datakan, kami hanya melaksanakan peneguran,” katanya.

Sementara terkait tindakan simpatik kepada masyarakat, Ditlantas Polda Metro Jaya membagikan masker dan paket sembako beras kepada pengemudi truk dan angkutan umum yang dinilai sangat terdampak pandemi Covid-19. Pemberian sembako dilaksanakan di Gerbang Tol Cikunir, Tanjung Priok, Pasar Rebo, Kamal, dan wilayah lainya.

“Jajaran Ditlantas Polda Metro Jaya, melakukan pemberian sembako berupa beras per paket 5 kilogram, sebanyak kurang lebih 4.000 paket hari ini, di seluruh wilayah hukum Polda Metro Jaya. Satlantas Polres juga melakukan pembagian sembako dan nasi bungkus dalam kegiatan Jumat Barokah, semua dilakukan dalam rangka pelaksanaan Operasi Zebra untuk memberikan tindakan simpatik kepada masyarakat,” tandasnya.

Diketahui, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, menggelar Operasi Zebra Jaya, selama 14 hari mulai tanggal 26 Oktober hingga 8 November 2020, di Jakarta dan sekitarnya. Tujuannya meningkatkan disiplin protokol kesehatan terkait pandemi Covid-19 dan peraturan lalu lintas.

Berita terkait: