Museum SBY – Ani Menuai Polemik, Tagar Rp 9 Miliar Ambyar Menggema

– Pembangunan Museum SBY – Ani di Pacitan , Jawa Timur belakangan mengundang polemik karena mendapatkan dana hibah dari APBD sebesar Rp 9 miliar.

Meski pendanaan sudah dihentikan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa , tetapi diluncurkannya hibah tersebut terlanjur mengundang kehebohan.

Media sosial Twitter diramaikan dengan tagar 9 Miliar Ambyar atau #9MiliarAmbyar yang usai ditelusuri ternyata memuat kabar soal pendanaan Museum SBY-Ani .

Sampai artikel ini ditulis, tagar 9 Miliar Ambyar tersebut menduduki peringkat 5 Trending Topic Indonesia dengan total hampir 3.400 cuitan.

Baca Juga: Haru! Viral Reporter Tertimpa Perahu Karet, Terjatuh saat Siaran Banjir

Menurut pantauan pada Selasa (23/2/2021), sejumlah warganet mencibir keberadaan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) disangkutpautkan dengan Museum SBY-Ani.

Tagar 9 Miliar Ambyar Trending Topic, Singgung Museum SBY-Ani (Twitter).
Tagar 9 Miliar Ambyar Trending Topic, Singgung Museum SBY-Ani (Twitter).

Beberapa warganet mengaku bersyukur dana hibah untuk Museum SBY-Ani secara resmi dihentikan. Segelintir lain mengira-ira bagaimana reaksi SBY saat ini.

“Sedih lah duit segitu gak jadi,” ujar @ki*******a1 sembari menyematkan gambar dengan narasi berbunyi “Maksud Hati Bangun Museum, Apa Daya 9 Miliar Sampai”.

“Duh terancam mangkrak lagi ini mah saya prihatin,” kata @ja******ka.

“Open donation nih ges,” sindir @li*****ss.

Baca Juga: Jakarta Banjir, Ferdinand: Anies yang Tak Bekerja, Jokowi yang Disalahkan

“Museum gagal total…”!” sahut @ham*******te.

“Sudah jangan nangis, ikhlasin saja,” sahut @Tan*****ah.

Terpantau pulaberbagai macam meme SBY dan kader Partai Demokrat lain memenuhi tagar 9 miliar ambyar tersebut.

Beberapa diantaranya berbunyi “Bila Hibah di Sisiku Hati Raya Syahdu” , “Di Atas Langit Masih Ada Langit, Di Atas Lurah CIkeas Masih Ada Netizen” , dan “Sepertinya Tuhan Tidak Suka Museum Dapat Hibah Heboh”.

Cuitan dengan taga 9 miliar ambyar (Twitter).
Cuitan dengan taga 9 miliar ambyar (Twitter).

Dana Hibah Rp 9 M Untuk Museum SBY di Pacitan Dibatalkan

Penyaluran dana hibah sebesar Rp 9 miliar untuk Yayasan Yudhoyono Foundation guna pembangunan Museum SBY-ANI resmi dibatalkan. Hal itu berdasarkan surat dari Pemprov Jawa Timur untuk Pemkab Pacitan.

Bupati Pacitan Indartato membenarkan hal tersebut. Pihaknya juga telah menerima surat tentang penarikan kembali bantuan keuangan khusus Kabupaten Pacitan pada perubahan APBD Provinsi Jawa Timur tahun Anggaran 2020.

“Memang ada surat dari Gubernur Jatim bahwa suruh (diminta) mengembalikan intinya seperti itu,” kata Indartato dikutip dari TimesIndonesia.co.id — jaringan Senin (22/2/2021).

Menurut dia, Pemprov Jawa Timur menarik kembali dana tersebut karena banyak pihak yang mempersoalkan dana sebesar Rp9 miliar untuk pembangunan Museum SBY-ANI.

Pengelola Museum SBY-ANI Setuju Dana Hibah Rp 9 Miliar Dibatalkan

Politikus Partai Demokrat Andi Arief turut mengomentari perihal batalnya pemberian dana hibah untuk pembangunan Museum SBY-ANI yang semula hendak disalurkan ke Yayasan Yudhoyono Foundation.

“Terima kasih niat baik Pemda Jatim terhadap Museum SBY-ANI,” kata Andi Arief, Senin (22/2/2021).

Dia mengatakan, pihak pengelola Museum setuju dana hibah pembangunan Museum SBY-ANI sebesar Rp9 miliar dibatalkan.

“Namun, pihak pengelola Museum tidak ingin menimbulkan kesalahpahaman di masyarakat dan setuju untuk DIBATALKAN,” ujarnya.

Berita terkait: