Mulai 1 Mei, IATA Travel Pass Diterima di Bandara Changi

Bandara Changi Singapura menerima International Air Transport Association ( IATA ) Travel Pass mulai 1 Mei 2021. Hasil tes PCR Covid-19 yang tersimpan dalam aplikasi tersebut dapat digunakan sebagai syarat keberangkatan.

Penumpang ke Singapura bisa menggunakan IATA Travel Pass ketika melakukan check in , dan juga ketika sampai di gerbang imigrasi di Changi. IATA Travel Pass adalah aplikasi mobile yang menyimpan data sertifikasi tes dan vaksinasi Covid-19 pelaku perjalanan. Melalui aplikasi ini, pengguna dapat mencari lokasi laboratorium yang menerima tes atau vaksinasi Covid-19. Setelah dites/divaksin, hasilnya akan disimpan dalam aplikasi dan dapat digunakan sebagai syarat perjalanan.

“Kepercayaan dari pemimpin industri aviasi seperti Singapura akan IATA Travel Pass adalah hal yang sangat signifikan. Uji coba travel pass yang terus berjalan adalah proses yang penting dalam memulihkan industri penerbangan, dengan cara memberikan sertifikasi kesehatan yang terpercaya kepada pemerintahan dunia. Kami menjamin data pribadi pengguna aman dan terkendali. Kesuksesan program ini akan menjadi contoh bagi negara lain,” kata Direktur Jenderal IATA Willie Walsh, dalam keterangan persnya, Rabu (7/4/2021).

BACA JUGA

Bandara Changi Singapura Siap Menjadi Hub Distribusi Vaksin Asia Tenggara

Sebelum disetujui, Singapura sudah terlebih dahulu melakukan uji coba bekerja sama dengan Singapore Airlines yang berjalan sukses. Otoritas imigrasi dan kesehatan Singapura akan menerima IATA Travel Pass sebagai syarat kedatangan, selama informasi yang tercantum dalam aplikasi itu memenuhi syarat yang ditetapkan sebelumnya.

Sebelum menggunakan IATA Travel Pass, penumpang disarankan untuk mengecek apakah maskapai yang mereka gunakan menerima IATA Travel Pass.

Hingga saat ini, 20 lebih maskapai di dunia sudah mendaftar untuk uji coba IATA Travel Pass, seperti Singapore Airlines, Hong Kong Airlines, Thai Vietjet, Virgin Atlantic, Korean Air, Thai Airways, ANA, Qatar Airways, dan Malaysia Airlines.

Berita terkait: