MU dan Chelsea ke Liga Champions

Dua tiket terakhir dari Inggris ke Liga Champions musim depan menjadi milik Manchester United (MU) dan Chelsea setelah kedua tim itu sama-sama memetik kemenangan pada laga pemungkas, Minggu (26/7/2020). Chelsea menang 2-0 atas Wolverhampton, sedangkan MU menang 2-0 atas tuan rumah Leicester City.

Dengan hasil itu, baik MU maupun Chelsea sama-sama mengoleksi 66 poin, tetapi MU berhak duduk di tempat ketiga klasemen akhir Liga Utama Inggris karena unggul selisih gol dari The Blues . Dengan demikian pula, MU lolos otomatis ke fase grup Liga Champions, sedangkan Chelsea harus mengikuti sejak babak play off .

Pada laga di King Power Stadium, kemenangan MU tidak diraih dengan mudah. MU baru bisa memecah kebuntuan lewat gol Bruno Fernandes dari titik putih sebelum ditutup oleh gol Jesse Lingard hanya sesaat sebelum laga usai. Gol ini pun lahir setelah Leicester City harus bermain dengan 10 orang setelah Jonny Evans dikartu merah pada menit ke-90+4.

Sementara di Stamford Bridge, London Barat, dua gol tuan rumah Chelsea dicetak hanya dalam tempo empat menit menjelang turun minum. Dibuka oleh gol Mason Mount pada menit ke-45+1 sebelum ditutup gol Oliver Giroud menit ke-45+4. Di babak kedua, kedua tim gagal mencetak gol hingga pertandingan berakhir.

Mengakhiri musim sebagai tim peringkat tiga disambut bahagia oleh pelatih MU, Ole Gunnar Solskjaer. “Ini capaian luar biasa yang diraih para pemain dan staf. Mereka adalah orang-orang yang sulit dipercaya. Kami bicara dengan setiap orang pagi ini untuk tidak memikirkan apa pun hasil kita musim ini. Yang paling penting adalah membangun kultur. Kami sangat bangga dengan apa yang kami lakukan,” kata Solskjaer setelah pertandingan sebagaimana dikutip dari ESPN .

Bagi Solskjaer, tiket Liga Champions adalah jawaban yang tepat atas kritik yang dialamatkan kepadanya sejak awal musim karena penampilan timnya yang tidak meyakinkan. Namun, sejak Januari 2020, penampilan MU sulit terbendung. Kedatangan Bruno Fernandes menjadi kunci kesuksesan MU.

“Kritik selalu membuat saya lebih kuat dan lebih percaya akan apa yang saya kerjakan. Mohon jangan memuji saya terlalu tinggi. Posisi ketiga ini adalah raihan luar biasa oleh semua orang di klub ini,” papar pelatih asal Norwergia itu lagi.

Berita terkait: