MPR ajak artis film sosialisasikan Empat Pilar

MPR bekerja sama dengan para artis film untuk menanamkan nilai-nilai Empat Pilar MPR RI kepada masyarakat agar solidaritas dan gotong royong kebangsaan makin kuat. Jakarta () – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengajak artis film untuk menjadi bagian dari agen sosialisasi Empat Pilar MPR RI karena keberadaannya yang memiliki banyak penggemar, bisa menjadi juru bicara yang efektif dalam menanamkan nilai-nilai kebangsaan yang terdapat dalam Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Para artis film tidak sekadar pekerja seni, tetapi juga telah menjadi role model bagi berbagai kalangan masyarakat. Apa yang mereka katakan dan lakukan, hampir selalu ditiru oleh masyarakat,” kata Bamsoet saat menerima pengurus Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI) di Ruang Kerja Ketua MPR RI, Jakarta, Senin.

Ia menilai tidak salah jika MPR bekerja sama dengan para artis film untuk menanamkan nilai-nilai Empat Pilar MPR RI kepada masyarakat agar solidaritas dan gotong royong kebangsaan makin kuat.

Bamsoet menjelaskan bahwa kerja sama bisa dalam berbagai bentuk, lain pembuatan konten video tentang Empat Pilar MPR RI hingga mengadakan kegiatan kreatif yang mampu menggugah kesadaran berbangsa dan bernegara.

Baca juga: Bamsoet ajak generasi muda sikapi era disrupsi dengan bijak

Baca juga: Ketua MPR terima pengurus KAHMI bahas RUU HIP dan empat pilar

Baca juga: MPR nilai Pendidikan Pancasila perlu masuk dalam kurikulum sekolah

Dalam keterangannya, dia menyebutkan di berbagai negara film sering kali dijadikan propaganda membesarkan negaranya, seperti film Rambo (Amerika Serikat) maupun Crash Landing on You (Korea Selatan).

Di Indonesia, lanjut dia, juga sudah menghasilkan banyak film sebagai media menumbuhkembangkan nasionalisme, seperti Sang Kyai, Sang Pencerah, 3 Srikandi, serta Garuda di Dadaku.

Ia menilai kerja sama MPR RI dengan PARFI akan menstimulus lahirnya film-film yang menggugah kesadaran publik untuk lebih mencintai Indonesia.

Acara tersebut dihadiri para pengurus PARFI, lain Ketua Umum Alicia Djohar, Sekjen Gusti Randa, Bendahara Umum Evie Singh, Ketua Bidang Pendidikan Dedi Setiadi, Ketua Humas Evry Joe, dan Ketua Dewan Kehormatan Kusumo.

Berita terkait: