Moderna Jajaki Pasok 40 Juta Dosis Vaksin Covid-19 ke Korea Selatan

Produsen vaksin dan farmasi asal Amerika Serikat (AS), Moderna Inc pada Selasa (29/12/2020) mengatakan perusahaan sedang berdiskusi dengan pemerintah Korea Selatan untuk memasok 40 juta atau lebih dosis vaksin Covid-19.

Potensi distribusi vaksin dua dosis di Korea Selatan itu diharapkan dimulai pada kuartal kedua tahun 2021, kata Moderna dalam sebuah pernyataan.

Sebelumnya kantor berita Yonhap mengutip kantor kepresidenan melaporkan bahwa Korea Selatan akan menandatangani kesepakatan dengan pengembang vaksin untuk mendistribusikan vaksin Covid-19 bagi 20 juta orang.

BACA JUGA

AS Mulai Distribusi Vaksin Moderna

Pengumuman ini terjadi sehari setelah sejumlah pejabat berjanji mempercepat upaya vaksinasi massal ketika negara itu mendeteksi kasus pertama varian baru Covid-19 seperti yang ditemukan di Inggris.

Otoritas kesehatan Korea Selatan (Korsel) pada Senin (28/12/2020), mengatakan pihaknya telah mendeteksi kasus pertama infeksi varian baru Covid-19 yang lebih menular di negara itu dari warganya yang kembali dari Inggris. Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KDCA) mengatakan dalam pernyataannya bahwa tiga warga negara Korsel yang tinggal di London dan tiba di negara itu pada 22 Desember lalu teruji positif terinfeksi varian baru Covid-19.

Strain baru yang ditemukan di Inggris ini diketahui lebih mudah ditularkan hingga 70% daripada strain sebelumnya. Korea Selatan mengumumkan rencana untuk menangguhkan seluruh penerbangan dari Inggris antara 23 hingga 31 Desember.

Berita terkait: