Menteri Pertanian Irlandia Dipecat Gegara Menyetir Sambil Mabuk

– Menteri Pertanian Irlandia Brian Cowen , diberhentikan dari jabatannya setelah kedapatan mengemudi dibawah pengaruh alkohol .

Menyadur BBC , Cowen yang tergabung dalam partai Perdana Menteri Irlandia Michael Martin, Fianna Fail TD ini baru menjabat selama dua minggu, sejak Juni lalu.

Keputusan pencopotan Cowen berdasarkan pada pengakuannya mengemudi dalam kondisi mabuk pada 2016 silam.

Martin mengatakan terpaksa memberhentikan Cowen setelah menyebarnya berita tentang insiden mengemudi di bawah pengaruh alkohol yang melewati batas maksimal tersebut.

Pada Selasa (14/7), Martin mengumumkan pemecatan yang mengakhiri karir Cowen di pemerintahan Irlandia.

“Ini adalah hari yang sangat berat bagi Barry, keluarganya, dan bagi saya. Dia telah menjadi perwakilan publik yang sangat berkomitmen, sangat rajin dan berdedikasi,” ujar Martin.

“Selama 10 hari teakhir dia telah menjadi subyek kritik dan kecaman atas pelanggaran lalu lintas yang terjadi pada 2016,” imbuhnya.

Perdana menteri juga menambahkan pemberhentian dilakukan karena Cowen enggan membahas apa yang dituduhkan kepadanya ke publik.

Atas keputusan ini, Cowen mengatakan telah diberi tahu sebelumnya oleh Martin melalui telepon.

Sementara melalui twitter, ia mengatakan, “sayangnya keputusan perdana menteri untuk mengeluarkan sata dari kantor, ketika dia mendukung saya sore di Dail (parlemen), telah merusak dan berpotemsi mengurangi hak aya untuk proses yang adil.”

Berita terkait: