Menpora Jadi Dosen Penguji Menaker untuk Gelar Doktor IPDN

Menteri Pemuda dan Olahraga ( Menpora ) Zainudin Amali menjadi dosen penguji Menteri Ketenagakerjaan ( Menaker ) Ida Fauziyah untuk peraihan gelar doktor dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).

Disertasi Menaker Ida mengangkat tema “Implementasi Kebijakan Pengarusutamaan Gender Dalam Pelaksanaan Tugas dan Fungsi Dewan Perwakilan Rakyat RI”.

Baca juga:  Menaker Raih Gelar Doktor dari IPDN

“Pemilihan isu gender dalam konteks keparlemenan yang menjadi tema sentral penelitian ini tentu tak lepas dari ‘takdir’ sebagai wakil rakyat yang saya jalani selama hampir dua dasawarsa. Selama itu, saya mendedikasikan segenap tenaga dan pikiran untuk turut berikhtiar meningkatkan kualitas kehidupan berbangsa dan bernegara, sesuai tugas dan fungsi yang melekat pada lembaga legislatif,” ungkap Ida pada ujian terbuka promosi doktor yang digelar secara virtual, Jumat (17/7/2020).

Ia mengatakan, keterlibatannya sebagai seorang legislator selama empat periode menunjukkan bentuk peran dan kontribusi  perempuan dalam pembentukan regulasi dan pengambilan kebijakan negara.

“Saya menemukan salah satu urgensi penelitian yaitu untuk mengamati sejauh mana perspektif gender terimplementasi dalam proses perancangan sejumlah kebijakan di lembaga legislatif,” jelas Ida.

Dirinya pun berharap agar hasil penelitian ini dapat menambah referensi dalam pengambilan kebijakan.

“Terutama agar pembangunan di semua sektor memiliki persepektif gender dan berkeadilan bagi perempuan. Sebab, tidak ada demokrasi sejati tanpa keterwakilan perempuan,” tutupnya.