Menpora Hadiri Penyerahan LHP LKPP 2019 dari BPK kepada Presiden

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menghadiri secara virtual penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) dari Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Agung Firman Sampurna kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Ngera, Jakarta, Senin (20/7/2020).

Berdasarkan LHP atas LKPP tersebut, pemerintah pusat mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Tak hanya itu, opini WTP sudah diraih oleh pemerintah pusat sejak tahun 2016.

Baca juga:  BPK Serahkan LHP LKPP Tahun 2019 ke Jokowi

Untuk 2019, entitas pemeriksaan mencakup 87 kementerian/lembaga, dan satu bendahara umum negara (BUN). Opini WTP diberikan kepada 84 kementerian/lembaga termasuk Kempora, serta satu BUN. Dua kementerian/lembaga mendapatkan opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) dan satu lainnya diberikan opini Tanpa Memberikan Pendapat (TMP) oleh BPK).

“Saya minta kepada seluruh menteri dan depala Lembaga untuk menjadikan hasil pemeriksaan BPK ini sebagai parameter perbaikan, reform, dan perubahan dalam pengelolaan anggaran negara,” ungkap Jokowi.

“Kepada K/L yang sudah memperoleh opini WTP pertahankan, tetapi tetap melakukan reform. Yang belum baik, segera diperbaiki. Bagi yang WDP dan TMP agar secepat-cepatnya segera melakukan perbaikan, terobosan, melakukan langkah-langkah perubahan yang signifikan, saya akan monitor terus, ikuti terus apa saja langkah-langkah perbaikan yang sudah dilakukan,” tutupnya.

Berita terkait: