Menpora Dukung TROI Foundation Gelorakan Kembali Sport Tourism

Menteri Pemuda dan Olahraga ( Menpora ) Zainudin Amali menyambut baik kerja sama antara TROI Foundation dan Kempora untuk menggelorakan kembali sport tourism di tengah pandemi Covid-19 .

“Pemerintah menyambut baik dan mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh TROI Foundation menggelar webinar ini. Tentu acara ini untuk mendiskusikan hal-hal apa yang harus dilakukan saat mengelar kegiatan olahraga khususnya olahraga sport touri sm di masa pendemi Covid 19 ini,” kata Menpora pada webinar TROI Foundation, Rabu (15/7/2020).

S port tourism adalah salah satu sektor yang terdampak akibat mewabahnya virus corona .

Untuk itu, Menpora berharap sport tourism dapat digiatkan kembali dengan melakukan berbagai penyesuaian seperti penerapan protokol kesehatan pada pra-kegiatan, saat kegiatan, pasca kegiatan. Penyesuaian ini diharapkan dapat mencegah terjadinya klaster baru Covid-19.

“Apa yang kita lakukan hari ini adalah kita mencoba untuk memulai kembali kegiatan kepariwisataan khususnya bidang olahraga. Sport tourism memang potensinya luar biasa, namun karena pandemi Covid-19 maka semua terhenti,” ungkapnya.

Dirinya menuturkan, kreativitas dan inovasi dari para stakeholder olahraga dibutuhkan untuk membangkitkan kembali sport tourism sekaligus memutus mata rantai penyebaran virus corona .

“Untuk itu, usaha-usaha pemerintah sekarang untuk memutus mata rantai pandemi Covid-19 harus didukung. Jadi di satu sisi, kita mengaktifkan kegiatan sport tourism tetapi kita juga berupaya memutus mata rantai penyebaran pandemi. Ini menjadi tanggung jawab kita bersama,” tutur Menpora.

Pada webinar tersebut, Menpora juga berharap sport tourism dapat menjadi tema Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2021.

“Haornas 2020 tahun ini kita mendorong tema besarnya tentang sport science. Saya meminta untuk Haornas 2021 kita gaungkan tema besarnya sport tourism. Tema-tema besar seperti ini bisa kita jadikan program utama kita,” jelasnya.

Tahun ini, Haornas direncanakan akan diselenggarakan pada 9 September mendatang.

Sebagai informasi, webinar ini bertajuk “Potensi Olahraga Petualangan dan Tantangan Dalam Menggerakan Wisata Serta Perekonomian (Di Masa Transisi Menuju Normal Baru)”.¬†

Berita terkait: