Menlu Minta Inggris Berbagi Vaksin Covid-19 dengan Negara Lain

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi melakukan pertemuan dengan Menlu Inggris Dominic Raab di Jakarta, Rabu (7/4/2021). Dalam pertemuan bilateral, kedua menlu membahas berbagai isu termasuk kerja sama dalam vaksin Covid-19.

Retno menyampaikan harapan agar Inggris sebagai salah satu sumber vaksin Covid-19, memiliki kesediaan untuk berbagi vaksin dengan negara lain.

“Saya berharap bahwa Inggris akan terus menunjukkan kepemimpinan untuk multilateralisme vaksin dan siap berbagi vaksin dengan negara lain,” kata Retno dalam pernyataan pers usai pertemuan dengan Raab.

Retno menegaskan solidaritas dan kerja sama adalah kunci untuk keluar dari pandemi Covid-19 bersama-sama. Oleh karena itu, penguatan kemitraan dalam sektor kesehatan menjadi hal penting.

“Kerja sama kesehatan adalah hal fundamental untuk membangun ketahanan industri perawatan kesehatan yang lebih besar. Inggris adalah mitra yang tepat untuk mengembangkan bidang kerja sama ini,” lanjut Retno.

Menlu Retno juga menyerukan harapan agar Inggris terus mendukung kerja sama vaksin multilateral lewat Covax Facility. Retno sebagai co-chair (ketua bersama) Covax AMC Engagement Group, menyebut memiliki kewajiban moral untuk terus mempromosikan kerja sama dalam memastikan kesetaraan akses untuk semua.

“Sebagaimana kita ketahui, tidak ada seorang pun yang selamat sampai semuanya selamat,” katanya.

Mengingat pentingnya isu kesehatan saat ini, Retno mengusulkan agar memasukkan sektor kesehatan sebagai salah satu komponen kunci dari Forum Kemitraan Indonesia-Inggris. Kerja sama kesehatan kedua negara bisa mencakup penelitian dan pengembangan industri kesehatan dan farmasi serta kolaborasi produksi vaksin.

Inggris saat ini merupakan mitra strategis Indonesia yaitu sebagai investor kedua terbesar dan mitra perdagangan terbesar kelima dari Eropa.

Berita terkait: