Menlu Inggris Sampaikan Belasungkawa Pada Korban Banjir NTT

Menteri Luar Negeri (Menlu) Inggris Dominic Raab menyampaikan belasungkawa atas korban meninggal dalam peristiwa banjir bandang di Nusa Tenggara Timur (NTT). Korban meninggal akibat banjir NTT tercatat sudah mencapai lebih dari 100 orang.

“Saya menyampaikan belasungkawa kepada korban banjir. Kita mendoakan semua korban yang telah kehilangan nyawa,” kata Menlu Raab dalam pernyataan pers usai pertemuan dengan Menlu Retno Marsudi di Jakarta, Rabu (7/4/2021).

Raab mengatakan kunjungannya yang terakhir ke Indonesia sudah dilakukan 25 tahun lalu ketika masih menjadi seorang mahasiswa hukum.

“Saya berterima kasih atas keramahannya. Ini kunjungan saya ke-4 sebagai menlu di kawasan ini dan kunjungan pertama ke Indonesia sebagai menlu,” kata Raab.

Raab mengatakan, selain melakukan pertemuan bilateral, kedatangannya ke Indonesia juga untuk mengikuti Dialog Tingkat Menteri ASEAN yang akan digelar Kamis (8/4/2021). Dalam pertemuan besok, ujarnya, Inggris akan menyampaikan aspirasi sebagai mitra dialog ASEAN.

“Ini menunjukkan komitmen Inggris di kawasan Indo Pasifik dan ambisi kami untuk meningkatkan kerja sama bilateral dengan Indonesia,” ujar Raab.

Dalam pertemuan bilateral, Menlu Raab dan Menlu Retno membahas berbagai isu mulai dari kerja sama bilateral sampai isu kawasan seperti Myanmar dan Timur Tengah.

“Ibu Retno, paling penting, kami sangat mengapresiasi kerja sama bilateral selama ini,” kata Raab.

Berita terkait: