Menlu Austria dan Belgia Positif COVID-19 Usai Pertemuan Uni Eropa

Jakarta, – Menteri Luar Negeri (Menlu) Austria dan Belgia dinyatakan positif COVID-19 usai menghadiri pertemuan dengan kolega Uni Eropa (UE) pekan ini.
 
Menlu Austria, Alexander Schallenberg, dan Menlu Belgia, Sophie Wilmes, duduk bersebelahan selama sarapan pada pertemuan Dewan Urusan Luar Negeri UE pada Senin (12/10/2020) di Luksemberg.
 
“Schallenberg mungkin terinfeksi di Dewan Urusan Luar Negeri di Luksemberg pada Senin,” kata juru bicara Kemenlu Austria, dilansir dari Reuters , Minggu (18/10/2020).

Dia menambahkan, Schallenberg tergolong sebagai orang tanpa gejala (OTG) dan sejumlah tindakan medis telah diambil. 

1. Wilmes diketahui terinfeksi corona setelah isolasi mandiri

Menlu Austria dan Belgia Positif COVID-19 Usai Pertemuan Uni EropaMenlu Belgia Sophie Wilmes (Instagram/sophiewilmes)

Adapun Wilmes diketahui terpapar SARS-CoV-2 pada Sabtu (17/10/2020). Dia sempat menjalani isolasi mandiri selama sehari karena menunjukkan gejalan COVID-19.  
 
“Penularan mungkin terjadi dalam lingkungan keluarga saya, mengingat tindakan pencegahan yang dilakukan di luar rumah saya,” ungkap Wilmes melalui akun Twitter-nya.
 

Baca Juga: Tekan Virus Corona, Austria Wajibkan Warga Pakai Masker di Supermarket

2. Begini hasil tes Menlu lainnya

Lanjutkan membaca artikel di bawah Editor’s picks

  • Amnesty: Lebih dari 150 Demonstran Penolak UU Cipta Kerja Ditangkap
  • Keutamaan Mandi Jumat, dapat Ampunan dan Pahala Seperti Berkurban
  • KontraS Data Orang Hilang dan Ditahan Saat Demo

Menlu Austria dan Belgia Positif COVID-19 Usai Pertemuan Uni EropaSuasana ruang sidang menunjukkan beberapa anggota MEP saat rapat pleno bulanan Parlemen Eropa yang dipersingkat akibat wabah COVID-19, di Brussels, Belgia, pada 10 Maret 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Yves Herman

Menlu Jerman Heiko Maas yang turut ikut pertemuan dinyatakan negatif pada Jumat (16/10/2020), dia tidak melakukan kontak dekat dengan Schallenberg.
 
Menlu Swedia, Ann Linde, akan bekerja dari rumah sampai hasil memperoleh hasil tes negatif.  
 
Hasil tes Menlu Prancis, Jean-Yves Le Drian, dan Menlu Spanyol, Arancha Gonzalez Laya, juga dinyatakan negatif. Begitu pula dengan Menlu Yunani, Nikos Dendias, yang dikenal rutin mejalani tes COVID-19 karena agenda luar negerinya.
 

3. Kabinet Austria dan Menlu Irlandia negatif corona

Menlu Austria dan Belgia Positif COVID-19 Usai Pertemuan Uni Eropa/Arief Rahmat

Schallenberg sempat melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Irlandia, Simon Coveney, di Luksemburg. Namun, pertemuan itu dijalani dengan protokol kesehatan.
 
Dilansir dari thejournal.ie , hasil pemeriksaan Coveney dinyatakan negatif corona. Dia juga diminta untuk membatasi aktivitasnya di luar rumah hingga hasil dari pemeriksaan kedua menunjukkan negatif.
 
Schallenberg juga menghadiri rapat kabinet pada hari Rabu (14/10/2020). Hasil tes anggota kabinet negatif karena peserta pertemuan mematuhi protokol kesehatan.
 

Baca Juga: Menlu RI Ingatkan Dunia, Vaksin COVID-19 Jangan Dimonopoli Negara Kaya

Berita terkait: